Keuntungan Bakteri Rhizobium leguminosarum dalam Bidang Pertanian

Bakteri Rhizobium leguminosarum merupakan jenis agen hayati yang sering dimanfaatkan dalam bidang pertanian. Untuk mendapatkan bakteri ini sangat praktis, yaitu dengan cara mengundangnya. Cara mengundang bakteri ini untuk berkembangbiak yaitu dengan menanam jenis tanaman kacang-kacangan (leguminoceae). Contoh jenis tanaman legum yang dapat anda tanam yakni kacang tanah, kacang panjang, kacang tunggak, kacang polong, kacang kapri, buncis, dan jenis tanaman kacang-kacangan yang lainnya.

Jenis tanaman kacang-kacangan untuk mengundang bakteri Rhizobium leguminosarum
Jenis tanaman kacang-kacangan untuk mengundang bakteri Rhizobium leguminosarum (Photo by: Wahid Priyono, S.Pd.).

Rhizobium leguminosarum adalah jenis bakteri baik. Selain mampu membantu menyuburkan lahan pertanian. Bakteri ini juga mampu bersimbiosis dengan tanaman kacang-kacangan untuk memfiksasi nitrogen bebas di udara. Oleh karena sifatnya yang baik ini, maka para petani modern menyebutnya sebagai bakteri pemfiksasi nitrogen.

Maka, ketika anda sedang bercocok tanam, maka jangan lupa untuk terus melakukan sistem pertanian bergilir (rotasi tanam) yakni dengan sesekali menanam jenis kacang-kacangan pada lahan tanam anda. Dengan cara seperti ini, maka secara otomatis akan mengundang bakteri R. leguminosarum ini untuk membantu menyuburkan lahan pertanian anda. Semoga bermanfaat, silakan baca juga: Cara Menanam Mangga Cangkokan yang Baik dan Benar (InfoGrafis).

Artikel Terbaru

Keuntungan Bakteri Rhizobium leguminosarum dalam Bidang Pertanian
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar