Cara Menanam Mangga Cangkokan yang Baik dan Benar (InfoGrafis)

Mencangkok tanaman merupakan hobi para pekebun di Indonesia. Karena dengan mencangkok maka akan diperoleh tanaman hasil pemuliaan yang unggul, serta cepat berbuah. Tanaman mangga merupakan contoh jenis tanaman yang dapat dilakukan pencangkokan karena termasuk tumbuhan dikotil yang mempunyai kambium pada batangnya.

Ada beberapa manfaat mencangkok, salah satunya akan dihasilkan tanaman cepat berbuah. Namun, kelemahan dari mencangkok tanaman yaitu akarnya kurang kuat serta termasuk rentan terserang hama dan penyakit jika penanganan dan perawatan tanaman kurang optimal.

Jika anda sudah mendapatkan tanaman mangga hasil cangkok, bisa karena beli di toko bibit atau melalui pencangkokan sendiri, maka langkah selanjutnya adalah tahap penanaman bibit cangkok mangga. Untuk lebih singkatnya, berikut cara/teknik/metode menanam mangga cangkok yang baik dan benar:

  • Pertama-tama, buatkan lubang tanam setinggi 30-40 cm pada lokasi yang anda inginkan;
  • Setelah dibuat lubang tanam, maka pada bagian dasar lubang diberi pupuk kandang sebanyak 1/2 kg, dan lalu siram dengan air secukupnya;
  • Letakkan akar bibit pada bagian dasar lubang yang sudah ada pupuk kandangnya, kemudian tutup lubang dengan tanah bekas galian sebelumnya;
  • Jangan lupa padatkan tanah di sekitar lokasi tanaman dengan cara diinjak-injak menggunakan kaki;
  • Terakhir siram kembali tanaman rutin setiap hari selama satu bulan (pastikan tanahnya tetap lembab);
  • Sebaiknya penanaman cangkok mangga di daerah yang terkena cukup sinar matahari agar hasil tanamnya lebih baik.
Berikut ini foto hasil tanam mangga kiojay di lokasi yang cukup terang karena terdapat banyak cahaya matahari, hasil buahnya lebat.

Mangga Kiojay Cangkok Berbuah Lebat dengan Ketercukupan Cahaya Matahari
Mangga Kiojay Cangkok Berbuah Lebat dengan Ketercukupan Cahaya Matahari. (Dokumentasi Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Salam budidaya pertanian, semoga sukses untuk para petani di Indonesia. Baca juga: Berapa Hari Benih Cabe Berkecambah/Tumbuh?

Artikel Terbaru

Cara Menanam Mangga Cangkokan yang Baik dan Benar (InfoGrafis)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar