Cara Memilih Bibit Tanaman Yang Bagus dan Berkualitas Tinggi (Hight Quality)

Sebelum menanam tanaman, pasti seorang petani umumnya mereka mencari terlebih dahulu bibit tanam. Bibit tanam disini bisa berupa bibit tanam dari biji (secara generatif), maupun bibit tanam secara vegetatif (misalnya: bibit hasil cangkok batang, hasil stek, hasil okulasi, dan lain sebagainya).

Namun, jika anda membeli bibit tanam secara generatif (dari biji), maka anda bisa mencari agen resmi penjualan bibit yang telah terverifikasi, terpercaya, dan kedibilitasnya baik. Dengan begitu, maka anda akan mendapatkan bibit berkualitas tinggi (hight quality). Perlu diingat juga bahwa anda perlu berhati-hati ketika hendak membeli bibit karena banyak juga beredar bibit tidak bermerek dan tidak tersertifikasi, dan tentu ini akan meragukan bagi anda.

Tanaman Cabe Nampak Sehat Karena Pemilihan Bibit Sangat Tepat
Tanaman Cabe Nampak Sehat Karena Pemilihan Bibit Sangat Tepat, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

1. Teknik Memilih Bibit Tanam yang Baik dan Benar

Jika anda membeli bibit tanaman, atau akan membuat bibit tanam sendiri dari hasil panen, maka bibit tanam yang baik adalah:

  • Jika biji direndam dalam air, maka biji-biji calon bibit tersebut akan tenggelam, dan tidak mengapung atau melayang di air;
  • Permukaan atau keseluruhan bagian bibit utuh dan tidak ada gigitan serangga, bopeng, atau serangan hama pemakan biji;
  • Bijinya terlihat segar dan kuat jika ditekan dengan tangan;
  • Bibit tersertifikasi dari instansi pertanian terkait (jika dibeli dalam betuk kemasan);
Adapun jenis-jenis bibit yang sering diperjualbelikan di pasaran seperti bibit sawi, bibit kangkung, bibit semangka tanpa biji, bibit tomat, bibit mentimun, labu, bibit cabai, dan lain sebagainya. 


2. Teknik Memilih Bibit Tanam Dari Cara Vegetatif (Cangkok Batang, Stek, dll)

Memilih bibit dengan cara dicangkok merupakan langkah paling tepat untuk mendapatkan tanaman lebih unggul, sebab tanaman hasil cangkok akan jauh lebih cepat berbuah dan pembuahannya lebih cepat dibanding tanaman yang diperoleh dari pengembangbiakan secara generatif dengan biji.

Anda bisa mencangkok sendiri, atau jika tidak sempat bisa membeli tanaman hasil cangkok di toko-toko bibit tanaman yang terkenal bagus dalam menghasilkan tanaman cangkok. Harga tanaman cangkok tiap tanaman berbeda-beda, dan umumnya memang yang paling banyak dijual adalah tanaman cangkok seperti tanaman buah-buahan. Tanaman buah yang sering dicangkok misalnya: rambutan, jambu biji, jambu air, alpukat, mangga, kelengkeng, cokelat, sukun, dan tumbuhan dikotil lainnya.

Jadi kesimpulannya adalah, apabila anda hendak membeli bibit, maka jangan sungkan anda bertanya kepada penjual bibit yang bersangkutan. Tanyakan sesuatu hal yang memang belum anda pahami tentang bibit tersebut kepada pakar/ahlinya, maka dengan begitu anda akan memperoleh bibit berkualitas, sehingga akan menguntungkan bagi anda nantinya. Semoga informasi singkat di atas bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca juga: 8 Cara Memilih Bibit Tanaman yang Tepat dan Terencana.


Artikel Terbaru

Cara Memilih Bibit Tanaman Yang Bagus dan Berkualitas Tinggi (Hight Quality)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar