Jenis Tanah yang Paling Cocok Untuk Pertumbuhan Tanaman CABE

Dalam budidaya tanaman cabe, memiliki pengetahuan tentang morfologi, anatomi dan juga syarat tumbuh tanaman cabe sangat penting. Termasuk bagaimana seorang petani mengetahui jenis tanah yang paling cocok bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe.

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan saat membudidaya jenis cabe lado f1, cabe rawit jengki, dan jenis lainnya, maka jenis tanah yang paling cocok bagi pertumbuhan tanaman cabe adalah jenis tanah lempung berpasir.

Media Tanam Bibit Cabe  Menggunakan Tanah Lempung Berpasir,
Media Tanam Bibit Cabe  Menggunakan Tanah Lempung Berpasir, Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan Indonesia).

Tanah lempung berpasir mengandung tiga komponen utama yaitu debu, hara, dan pasir. Tanah lempung ini mengandung banyak mineral-mineral yang dibutuhkan tanaman, seperti mineral Calcium (Ca), Kalium (K), dan mineral jenis lainnya. Tanah lempung berpasir banyak dijumpai di lahan-lahan persawahan, perkebunan hortikultur dekat saluran irigasi/sungai, dan tanah-tanah di pematang perbukitan dan pegunungan. Itulah mengapa seorang petani cabe lebih sering dan menyukai budidaya cabe di lahan persawahan, karena di lahan persawahan tersebut terdapat banyak tanah lempung berpasir yang baik dalam menunjang budidaya cabe.

Di tanah lempung berpasir inilah umumnya tanaman cabe akan menghasilkan organ tanaman lengkap (akar, batang, daun, bunga, dan buah) dalam jumlah yang sempurna, serta kenampakan tanaman menjadi lebih sehat dan kuat. Semoga informasi ini berguna untuk anda, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik dan baca juga: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terbaru

Jenis Tanah yang Paling Cocok Untuk Pertumbuhan Tanaman CABE
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar