Cara Merawat Tanaman Buah Naga Agar Cepat Berbuah Lebat

Dalam perawatan pohon/tanaman buah naga tidak semata-mata hanya dengan melakukan penyiraman saja, tapi lebih dari itu. Sehingga dengan perawatan tanaman yang baik dan benar, maka akan dihasilkan tanaman/pohon buah naga yang cepat berbuah.

Cara mempercepat agar buah naga berbuah terus sepanjang tahun tidak henti-henti memang harus dilakukan penelitian/eksperimen lebih lanjut. Dari hasil pengalaman saya dan teman-teman petani di perkebunan buah naga ternyata faktor pemupukan adalah kuncinya. Ada cara penanganan bibit buah naga agar cepat tumbuh dan berkembang yaitu dengan pemberian pupuk organik yang kaya unsur P (Phosfor), K (Kalium), dan N (Nitrogen). Unsur hara makro tersebut banyak terdapat pada pupuk kandang. Dan saya rekomendasikan untuk menggunakan pupuk kandang dari kotoran ayam atau kotoran kambing.

Tanaman Buah Naga Sudah Berbuah Lebat. Photo by: www.tipspetani.com.

Perlakuan menggunakan pupuk kandang/ayam akan menghasilkan tanaman buah naga yang menghasilkan batang berwarna hijau gelap. Selain itu, diameter batang akan lebih besar jika aplikasi unsur N lebih tinggi dari unsur P-nya. Metode ini sangat cocok dan rekomendasi untuk pohon buah naga yang ditanam di pot dan atau lahan perkebunan. Atau bisa aplikasinya pada waktu pohon naga sedang dalam masa persiapan, menjelang waktu pembungaan.

Pada bibit buah naga, sebaiknya langsung ditanam pada bedengan/lahan terbuka seperti perkebunan atau area perbukitan. Pada saat pengolahan tanah, sebaiknya campur dan aduk tanah bersama kotoran kambing atau kotoran ayam. Setelah itu buat lahannya menjadi beberapa bedengan berbaris. Pada metode/model tabulampot (tanam buah dalam pot), hal ini sangat wajib dilakukan karena yang dibutuhkan yaitu tanaman buah naga yang berukuran kecil tetapi sudah berbuah.

Pohon buah naga berbuah lebat
Pohon Buah Naga Cepat Berbuah Terus. Photo Oleh: www.tipspetani.com.

Untuk tanaman buah naga dewasa, pemangkasan batang ini wajib dilakukan untuk menyambut musim buah tiba. Dilakukan dengan bersamaan pemangkasan bunganya. Anda bisa memakai jenis pupuk apa saja untuk meningkatkan produksi buah naga, baik pupuk organik maupun pupuk anorganik. Jika memakai pupuk kandang untuk tanaman naga, maka sebaiknya pupuk yang difermentasikan/dimatangkan terlebih dahulu. Pupuk anorganik yang baik untuk buah naga misalnya TSP, KCL, Urea, Phonska, Pupuk Grow, dan lain sebagainya. Saran dosis/takaran pupuk TSP, KCL, Urea, Phonska, NPK, Grow untuk buah naga agar cepat berbuah lebat adalah 0,1 kg/tanaman yang menginjak waktu berbunga. Dan untuk pupuk kandang saya rekomendasikan untuk 1 kg pertanaman yang baru berumur 20 hst.
Ada faktor/mengatasi biar pohon buah naga biar berbuah. Dan paling menunjang pertumbuhan dan perkembangan buah naga agar cepat berbuah lebat, diantaranya adalah dengan merawatnya seperti:
  • Memperoleh sinar matahari cukup sepanjang hari (agar tanamannya cepat berbuah lebat dan terus menerus);
  • Media tanamnya tidak terlalu padat (tidak terlalu lama menyiram air);
  • Lakukan penyiangan dan pendangiran (penggemburan lahan) secara berkala, minimal 1 minggu sekali;
  • Pemupukan yang tepat (penjelasan sudah diuraikan di atas);
  • Pemangkasan batang yang tumbuh liar supaya mempercepat pembungaan (waktu pemangkasan buah naga yang baik yaitu sebelum berbunga);
  • Kurangi sulur tanaman yang terlalu rimbun, sehingga sulur bagian atas tidak menutupi sulur bagian bawahnya.
Itulah tadi beberapa tips agar tanaman buah naga cepat berbuah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Silakan baca juga artikel berikut ini: Cara Mengatasi Tanaman Cabe yang Terkena Layu Fusarium.

Artikel Terbaru

Cara Merawat Tanaman Buah Naga Agar Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar