Cara Merawat Bibit Tanaman Agar Tidak Rusak, Sehat, Cepat Tumbuh dan Subur Pertumbuhannya

Benih apapun jenisnya apabila disemai pada media tanam yang tepat maka akan tumbuh menjadi bibit baru, asalkan proses penyemaian dilakukan secara benar. Menyemai bibit hingga bibit tumbuh sempurna adalah pekerjaan yang membutuhkan ketekunan tinggi. Sebab, jika penyemaian benih tidak disertai dengan model perawatan yang bagus tentu hasilnya kurang maksimal.

Penyemaian bibit tomat rampai dengan diberi gubuk-gubukan dari daun kelapa yang dianyam, (Foto oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)
Penyemaian bibit tomat rampai dengan diberi gubuk-gubukan dari daun kelapa yang dianyam, (Foto oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)


Selama proses penyemaian bibit, faktor perawatan bibit yang sudah tumbuh dapat dilakukan dengan beberapa teknik seperti:

  • Penyiraman benih hingga berkecambah. Hal ini penting dilakukan sebab, dalam proses perkecambahan biji air sangat dibutuhkan. Air ini juga sebagai pelarut dan pengisi bahan dasar sel pada tumbuhan. Jika kebutuhan air pada benih/bibit tercukupi dengan bagus, maka laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman juga bagus. Untuk bibit yang masih di bawah umur 7hst, penyiraman bisa rutin sehari sebanyak 2x, yakni pada pagi dan sore hari;
  • Pemberian pupuk kompos/kandang selama proses pembenihan bisa dicampurkan melalui tanah sebagai media penyemaian. Jika penyemaian dilakukan di wadah polybag kecil-kecil, maka pupuk kompos tersebut dapat dicampurkan dengan tanah sebagai media semainya;
  • Bibit yang sudah mulai muncul daun 3 atau lebih sangat rawan diserang hama seperti ulat, maka penting dilakukan spray/penyemprotan dengan menggunakan insektisida yang sesuai dengan umur tanaman yang disemai. Jika ragu anda bisa berkonsultasi dengan organg yang ahli di bidang pembenihan;
  • Bisa membuat gubuk atau rumah-rumahan dari daun kelapa yang dianyam, atau dengan membuatkan rumahan dari plastik putih transparan (green house);
  • Jika khawatir bibit akan rusak, maka di sekeliling lokasi pembenihan diberi pembatas dengan jaring-jaring nilon agar terhindar dari bebek, ayam, sapi, kambing, mentok, dan hewan ternak lain yang merusak.
Mungkin itu sedikit cara merawat bibit tanaman agar tidak mudah rusak sehingga pertumbuhannya akan semakin bagus. Selamat mempraktekan.

Artikel Terbaru

Cara Merawat Bibit Tanaman Agar Tidak Rusak, Sehat, Cepat Tumbuh dan Subur Pertumbuhannya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar