Cara Membuat Lahan Bedengan untuk Budidaya KENCUR

Budidaya tanaman kencur banyak dilakukan oleh masyarakat petani di Indonesia. Sebagai contoh di Lampung dan Sumatera Utara (Medan), budidaya kencur banyak dilakukan. Sebelum membudidaya kencur di lahan terbuka, maka pertama kali yang harus dibuat adalah lahan bedengan. Lahan bedengan ini tentu saja harus mempunyai kriteria khusus agar hasil panennya nanti jauh lebih optimal.

Lahan bedengan untuk budidaya kencur dibuat memanjang, dengan panjang disesuaikan dengan luas lahan yang ada. Untuk tinggi bedengan sebaiknya di atas 20cm. Sementara itu, untuk lebar bedengannya yakni kisaran 1 meter. Perhatikan gambar pembuatan bedengan pada lahan tanam kencur di bawah ini:

  Cara Membuat Lahan Bedengan untuk Budidaya KENCUR. (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.).
Cara Membuat Lahan Bedengan untuk Budidaya KENCUR. (Doc. Wahid Priyono, S.Pd.).

Kriteria ukuran lahan bedengan di atas dibuat berdasarkan apa yang saya pelajari dari para petani kencur di daerah Lampung dan teman saya di Sumatera Utara (Medan). Dan tentunya dengan ukuran lahan bedengan seperti di atas, maka hasil panen kencur jauh lebih melimpah, banyak. Serta tanaman akan lebih subur jika pupuk yang diberikan pada tanaman dikombinasikan antara pupuk kandang dan juga pupuk kimiawi (TSP, KCl, SP36, Mutiara). Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Cara Menentukan Batang Cangkok yang Baik dan Benar.

Artikel Terbaru

Cara Membuat Lahan Bedengan untuk Budidaya KENCUR
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar