Jarak Ideal Menanam Jagung Menurut Pakar Pertanian Jagung yang Sudah Sukses

Jagung merupakan jenis makanan pokok di Indonesia yang sangat favorit ditanam oleh petani. Hampir di seluruh wilayah Indonesia sangat cocok ditanami jagung. Hal ini mungkin ada kaitannya dengan jenis tanah tropis yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan pohon jagung.

Misalnya, di provinsi Lampung, penanaman jagung sering dilakukan, terutama menginjak waktu musim kemarau ke musim penghujan. Jika anda menuju kota Bandarlampung dari pelabuhan bakauheni, maka anda akan lebih sering melihat betapa indahnya tanaman jagung yang terbentang di sebelah kanan dan kiri jalan lintas utama Sumatera (JALINSUM). Tanaman jagung ditanam dengan berbagai tipe lahan, ada yang ditanam di lahan miring (terassering), lahan rata, dan juga lahan berbentuk larikan. Semuanya sangat memukau dan semakin percaya akan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.


Pohon jagung sudah mulai tumbuh dan  berkembang. (Wahid Priyono, S.Pd.)
Pohon jagung sudah mulai tumbuh dan  berkembang. (Wahid Priyono, S.Pd.)


Menurut petani jagung profesional yang sudah sukses di Lampung, maka untuk jarak ideal penanaman jagung adalah 75 cm x 25 cm. Dari jarak tanam ini, maka pemupukan dilakukan di antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. Pertumbuhan jagung dengan jarak tanam tersebut sangat ideal dan memungkinkan akan mempercepat proses penyerapan nutrisi dengan cepat.

Pada akhirnya dengan menentukan jarak tanam yang tepat saat menanam jagung, maka akan diperoleh hasil tanam yang memuaskan. Termasuk buah/tongkol jagung yang memadai sehingga produktivitas panen meningkat. Selamat mencoba untuk jarak tanam yang saya sebutkan di atas. 

Artikel Terbaru

Jarak Ideal Menanam Jagung Menurut Pakar Pertanian Jagung yang Sudah Sukses
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar