Cara Pemanenan dan Penyiapan JAGUNG yang Akan Dijadikan Bibit Tanam

Jagung merupakan sumber makanan pokok yang kaya akan karbohidrat. Sehingga tidaklah heran apabila tanaman jagung banyak dibudidaya oleh masyarakat petani di Indonesia. Selain padi, jagung juga menyumbang ketahanan pangan nasional, dan setiap tahun permintaan ekspor jagung dari Indonesia sangatlah tinggi.

Tanaman jagung sangat cocok di tanaman di daratan Asia, termasuk di Indonesia yang beriklim tropis. Tanaman ini juga sangat toleran terhadap kekeringan, penyakit, dan juga gulma. Walaupun terkadang banyak gulma, tanaman jagung tetap mampu beradaptasi dengan baik sampai menghasilkan buah.

Kebanyakan petani di daerah pedesaan sering memanfaatkan bibit jagung dari hasil tanam sebelumnya. Bibit-bibit tersebut bukanlah dibeli dari toko, akan tetapi dari hasil pengeringan sendiri di ladang/kebun, dan jika bibit sudah benar-benar kering maka selanjutnya bisa dipakai untuk musim tanam berikutnya. Penggunaan bibit jagung semacam ini memang cukup bagus, karena akan dihasilkan keturunan F1, F2, F3 dan seterusnya yang tetap unggul dan mampu menghasilkan buah yang banyak sesuai varietas jagung yang digunakan.

Umumnya tanaman jagung yang tumbuh normal akan mampu menghasilkan buah pada perkiraan umur 3 bulan ke atas sesuai dengan perawatannya. Apabila perawatannya bagus tentu saja produktivitas panennya akan memuaskan.

Selain diambil buahnya, jagung juga bisa dikeringkan langsung di pohonnya, kemudian dijadikan bibit untuk musim tanam berikutnya. Buah jagung yang hendak dijadikan bibit biasanya dipilih dari beberapa buah yang mempunyai porsi dan bobot ideal, terlihat jelas tongkolnya yang besar, terdapat larikan buah yang rapat, buahnya sudah tua. Biasanya calon bibit yang tua berada pada bagian terbawah batangnya, dan bisa disisakan satu sampai dengan dua bibit per pohon. Setelah disisikan buahnya, maka pada akhir masa pemanenan jagung daun dan pucuk tanaman dibuang, dan hanya menyisakan calon bibit yang tetap dijemur di bawah sinar matahari sampai mengering. Pengeringan bibit jagung di pohonnya langsung bisa berlangsung sekitar 15 hari atau lebih dengan penyinaran yang bagus. Pastikan kulit jagungnya dilepas sebagian pada saat penjemuran/pengeringan.

Bibit Jagung Dikeringkan Langsung Dipohonnya
Bibit Jagung Dikeringkan Langsung Dipohonnya, Photo Kontributor Oleh: Komunitas Petani Palawija/Tipspetani.com

Setelah bibit kering, kemudian bibit diambil dan dimasukan ke dalam karung untuk diambil biji-bijinya (dipisakan dari bonggolnya). Biji-biji jagung yang telah kering kemudian dimasukan ke dalam karung atau tempat penyimpanan seperti lumbung. Dalam penyimpanannya usahakan bibit berada dalam kondisi kering, serta berada dalam suhu ruangan sekitar 30 derajat celcius. Jangan pernah menyimpan bibit pada tempat yang lembab atau berair, sebab akan memudahkan biji jagung untuk berkecambah. Silakan baca juga: Cara Melakukan Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Jagung.

Artikel Terbaru

Cara Pemanenan dan Penyiapan JAGUNG yang Akan Dijadikan Bibit Tanam
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar