Cara Budidaya Labu Air/Labu Putih yang Simpel, Mudah dan Menguntungkan

Beberapa waktu lalu saya berhasil menanam labu putih atau biasanya orang di kampungku menyebutnya sebagai labu air. 

Secara umum labu air ini mempunyai bentuk buah yang lonjong memanjang dan kulit buahnya berwarna putih. Labu ini paling enak disayur santan atau bisa juga ditumis.

labu air atau labu putih

Saya menanam labu tersebut di atas di samping rumah. Karena memang ada sedikit lahan yang bisa dipakai untuk menanamnya. Saya hanya menanamnya beberapa pohon saja.

Cara menanam dan merawatnya cukup dimpel dan mudah.

Jadi saya cuma membenamkan biji labu tersebut di tanah kosong dengan jarak tanam sekitar 2 meteran. Setelah bibit tumbuh, maka saya siram secara rutin, dan cukup saya beri pupuk kandang (kotoran ayam saja), hingga tanaman tumbuh dewasa. (Baca juga ya: Cara Budidaya Jahe di Wadah Polybag yang Mudah, Simpel dan Hasil Menguntungkan).

Setelah tanaman waluh dewasa mempunyai sulur, kemudian saya buatkan rumah-rumahan dari bambu yang tujuannya agar sulurnya tidak merambat kemana-mana. Selain itu, buah-buahnya mudah diatur dan bisa menggantung pada rumah yang dibuat. Jadi terlihat lebih rapih dan indah kan?

Tanaman waluh ini mulai dari penanaman sampai berbuah memakan waktu setidaknya hampir 2 bulanan. Namun puncak tanaman berbuah lebat biasanya pada setelah bulan kedua. Tentunya panennya juga bisa dilakukan secara berkala atau jika sewaktu-waktu ingin menyayurnya.

labu air atau labu putih

Cukup simpel ya menanam labunya. Selamat mencoba. Semoga berhasil ya teman-teman petani. Silakan baca juga tulisan saya yang lain: Ciri+Karakteristik Tanaman Cabe yang Subur dan Sehat.

Artikel Terbaru

Cara Budidaya Labu Air/Labu Putih yang Simpel, Mudah dan Menguntungkan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar