Cara Melenyapkan Gulma Agar Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Mempunyai tanaman cabe yang pertumbuhannya baik, sehat, kuat, subur dan memiliki buah lebat adalah harapan bagi seorang petani cabe, akan tetapi hal tersebut juga harus diimbangi dengan perawatan tanaman yang tepat, terencana, serta memenuhi kedisiplinan tinggi yang diterapkan bagi tanaman cabe.

Perawatan tanaman cabe menjadi kunci penting supaya tanaman cabe tumbuh subur, sehat, dan mampu menghasilkan buah sangat lebat, dan produktivitas hasil panen tinggi.

Tanaman Cabe Tumbuh Subur dengan Buah Melimpah
Tanaman Cabe Tumbuh Subur dengan Buah Melimpah Akibat Penyiangan dan Pendangiran/Penggemburan Tanah, Photo Kontributor: Bapak Ichin Sembalun.

Perawatan tanaman cabe meliputi beberapa langkah penting diantaranya yaitu tahapan penyiraman, pemupukan, pendangiran, penyiangan, perempelan pada tanaman cabe, pemberantasan hama serta penyakit pada tanaman cabe tersebut.

Dilansir dari website tipspetani.com telah memberikan informasi terkait bagaimana tatacara/teknik dalam membersihkan/melenyapkan gulma (rumput liar) agar tanaman cabe tumbuh subur serta berbuah lebat. Berikut ini penjelasannya:

     1.       Kelebihan Melenyapkan/Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe

Gulma ternyata menjadi sarang bagi hama untuk tumbuh dan mengalami proses metamorfosis untuk menghasilkan anakan yang baru. Sehingga jika lahan tempat dimana tanaman cabe tumbuh dan banyak terdapat banyak gulma maka hal ini akan berdampak buruk bagi pertumbuhan tanaman cabe, diantaranya yaitu tanaman cabe bisa jadi pertumbuhan organnya menjadi lebih kurus dan kurang unsur hara (difisiensi kekahatan unsur hara tertentu) sebab terjadi kompetisi/perebutan nutrisi hara antara tanaman cabe dengan tanaman gulma parasit. Baca juga: 5 Cara Efektif agar Tanaman Cabe Subur dan Berbuah Gembel (Banyak).

Jadi, sangat penting sekali lahan tanam cabe itu harus bersih dan terbebas gulma. Adapun manfaat/keuntungan dari membersihkan gulma pada tanaman cabe diantaranya:
  • ·         Tanaman cabe akan lebih subur karena tidak ada perebutan/kompetisi antara tanaman cabe dengan gulma;
  • ·         Laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe akan lebih cepat;
  • ·         Produktivitas hasil panen lebih tinggi;
  • ·         Tanaman cabe mampu menghasilkan buah yang lebih lebat/jumlahnya banyak, dan hal inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para petani;
  • ·         Transportasi nutrisi (unsur hara makro dan unsur hara mikro) pada tanaman cabe akan berjalan lancar dari akar menuju ke organ tanaman cabe lainnya).
     2.       Cara Membersihkan Gulma Pada Tanaman Cabe

Membersihkan tanaman cabe dari gulma mudah dikerjakan, dan hampir semua orang yang memang bukan petani juga pasti bisa, asalkan tahu caranya. 

Membersihkan gulma sebenarnya bisa saja dilakukan secara manual menggunakan tangan dengan cara mencabut rumput gulma. Akan tetapi, ada juga cara membersihkannya menggunakan alat-alat pertanian. 

Berikut ini beberapa kiat (cara) untuk melenyapkan tanaman cabe dari gulma dengan menggunakan alat khusus, yaitu:

·         Gunakan alat pembersih gulma bisa menggunakan cangkul kecil, pencong, atau alat pendangiran/pengoret lainnya yang relevan;
·         Saat penyiangan/membersihkan gulma sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan bisa dilakukan bersamaan dengan pendangiran (penggemburan lahan);
·         Koret gulma menggunakan alat di atas sampai kepada bagian akarnya, jangan sampai ada yang tertinggal di dalam tanah. Sebab, beberapa jenis gulma bisa memunculkan tunas pada bagian akar/rhizom/umbi yang tertinggal di dalam tanah;
·         Gulma/rumput yang sudah dibersihkan/dicabut/dikoret, sebaiknya langsung dikumpulkan dalam 1 tempat/lubang, kemudian tunggu sampai kering lalu dibakar supaya spora-spora pada gulma akan lenyap.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang bagaimana cara membersihkan tanaman cabe dari gulma atau rumput liar yang mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe. Semoga informasi di atas berguna untuk anda. Sebagai tambahan referensi untuk anda, jangan lupa baca dan klik artikel berikut: Membersihkan Lahan Tanam Cabe, Kunci Sukses !

Artikel Terbaru

Cara Melenyapkan Gulma Agar Tanaman Cabe Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar