Cara Melakukan Penyiangan dan Pendangiran pada Tanaman Sayur dan Buah

Perawatan tanaman sayur dan buah-buahan penting dilakukan petani selama masa budidaya. Dan beberapa perawatan penting tersebut meliputi penyiangan dan pendangiran. Keduanya sebaiknya dilakukan selama tanam, karena tentu saja berpengaruh terhadap produktivitas panen. Beberapa jenis tanaman yang sering dilakukan pendangiran seperti mentimun, cabai, kubis, terong, bawang merah, bawang putih, wortel, kentang, buncis, jeruk, melon, sawi, semangka, dan lain sebagainya.

Penyiangan adalah cara yang dilakukan petani untuk mengurangi atau semaksimal mungkin membersihkan gulma sampai pada akar-akarnya. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut atau mengoret rumput liar/gulma sampai pada bagian akarnya. Kemudian, gulma tersebut dikumpulkan dalam suatu tempat dan jika sudah kering kemudian dibakar. Pembakaran sampah gulma ini bertujuan untuk mencegah perkecambahan pada biji/spora gulma. Adapun alat yang bisa digunakan untuk penyiangan bisa menggunakan cangkul kecil, pencong, dan alat penyiangan jenis lainnya.

Buah jeruk berbuah lebat karena sering dilakukan pendangiran
Buah jeruk berbuah lebat karena sering dilakukan pendangiran (Foto Original by: Wahid Priyono, S.Pd.)

Sebaiknya, dalam melakukan penyiangan wajib dilakukan juga pendangiran secara sekaligus. Pendangiran ini bertujuan untuk membuat lahan bedengan menjadi lebih gembur tanahnya, aerasi menjadi lebih baik, dan tanaman akan semakin subur. Setelah pendangiran sebaiknya berikan pupuk tambahan pada tanaman. Jenis pupuknya bisa pupuk organik (kotoran ternak yang difermentasi), atau bisa berupa pupuk anorganik. Pemberian pupuk bisa dengan cara disebar di sekita pusat tumbuh tanaman (di atas lahan dekat akar tanaman). Sangat dijamin bahwa satu minggu setelah pemberian pupuk tambahan pasca penyiangan dan pendangiran, maka tanaman akan semakin subur. Apalagi diimbangi dengan penyiraman secara berkala sesuai kebutuhan tanaman.

Pendangiran dan penyiangan ini adalah dua metode penting yang dipercaya petani akan mampu meningkatkan produksi sayur mayur dan buah-buahan. Metode ini sudah sejak lama diterapkan dan sampai saat ini masih terus dilestarikan oleh petani sebagai metode/teknik yang mumpuni dalam bidang pertanian. Silakan baca referensi berikut: Cara Mengatasi Daun Timun Berwarna Kuning Kecokelatan.

Artikel Terbaru

Cara Melakukan Penyiangan dan Pendangiran pada Tanaman Sayur dan Buah
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar