Penggemburan Lahan Tanam Cabe Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar Sesuai Anjuran Petani Profesional

Sebagai acuan untuk anda bahwa kesuksesan dalam membudidaya cabe yaitu dengan cara memastikan bahwa lahan tanam cabe memiliki ketercukupan unsur hara di dalamnya, termasuk tekstur tanah harus terkomposisi secara merata dengan unsur hara tertentu yang dibutuhkan oleh tanaman cabe.

Penggemburan tanah atau yang biasanya disebut sebagai kegiatan pendangiran merupakan faktor paling penting sebagai upaya untuk menjaga retensi unsur hara agar keberadaannya tetap di dalam tanah, menjaga kelembaban tanah dan pH tanah agar tetap stabil, beserta agar pengangkutan/transportasi air, garam-garam mineral serta unsur hara dari dalam tanah dapat berjalan secara optimal dari tanah ke bagian atas organ tumbuhan melewati organ akar.

Pendangiran Tanaman Cabe Mampu Membuat Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Pendangiran Tanaman Cabe Mampu Membuat Tanaman Cabe Berbuah Lebat, Photo Kontributor: Ichin Sembalun.

Kegiatan pendangiran wajib dilakukan supaya tanaman cabe tetap subur, sehat, kuat, dan mampu menghasilkan buah dalam jumlah yang cukup memadai (lebat).

Adapun persiapan dan cara penggemburan tanah/pendangiran dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penggembur seperti cangkul dan alat penyiangan khusus yang banyak dijual di pasaran/toko alat pertanian. (Baca juga, klik: Cara Merawat dan Mupuk Cabe agar Berbuah Lebat).

Saat penggemburan tanah, maka sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan loyal. Jangan sampai pada saat penggemburan akar tanaman cabenya menjadi rusak karena dengan sengaja terkena sentuhan fisik dari alat pendangiran yang dipakai.

Cara penggemburan lahan yaitu dengan mencangkul kecil-kecil tanah di sekitar tempat tumbuh tanaman cabai, setidaknya penggemburan dilakukan secara merata dan memutari tanaman secara menyeluruh.

Pendangiran bisa dilakukan secara bertahap setiap 1 bulan sekali, atau bisa 1,5 bulan sekali. Pendangiran secara rutin akan menghasilkan tanaman cabe dengan buah yang banyak dan hasil produktivitas pertanian cabe yang bisa ditingkatkan secara signifikan. Selengkapnya tentang cara penggemburan lahan tanam cabe bisa baca referensi bacaan pada artikel yang paling populer pernah saya posting, baca dan klik: Cara Pendangiran dan Penyiangan pada Tanaman Cabe secara Baik dan Benar


Artikel Terbaru

Penggemburan Lahan Tanam Cabe Sesuai Prosedur yang Baik dan Benar Sesuai Anjuran Petani Profesional
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar