Cara Mengatasi Daun Timun Berwarna Kuning Kecokelatan

Permasalahan yang terjadi di lapangan pada saat budidaya mentimun misalnya karena daun mentimun berwarna kuning kecokelatan secara tiba-tiba. Ini bisa saja terjadi pada tanaman mentimun yang sedang anda budidaya. Saya pribadi sudah sering melihat gejala tanaman mentimun mempunyai daun yang berwarna kuning. Dan kadang-kadang lebih parahnya lagi yaitu daunnya bopeng (berlubang-lubang) karena dimakan hama ulat. Namun, gejala ini sebenarnya bisa diminimalisir/dikurangi dengan beberapa cara penanganan yang tepat.

Tanaman mentimun sehat, dengan daun hijau dan buahnya berkualitas
Tanaman mentimun sehat, dengan daun hijau dan buahnya berkualitas (Photo dokumentasi oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)


Jika daun pada pohon mentimun berwarna kuning maka hal ini mengindikasikan bahwa tanaman mentimun kehilangan pigmen warna hijau (klorofil). Pigmen klorofil ini sangat penting dalam proses fotosintesis pada daun. Kehilangan pigmen klorofil ini tentu saja ada kaitannya dengan kekurangan nutrisi (defisiensi hara) pada tanaman mentimun. Akibat defisiensi unsur hara seperti Ca, K, Zn, Mn, Mg, dan Nitrogen, maka akan ada masalah pada bagian organ daun yaitu daunnya mengalami gejala klorosis, yang ditandai dengan daun berwarna kuning gelap, kekuningan, atau kuning kecokelatan. Tanda-tanda lain yang dapat muncul jika tanaman mentimun mengalami klorosis yaitu daunnya mudah rontok, serta rentan terserang hama dan penyakit patogen.

Oleh sebab itu, ada cara mengatasi/mencegah/menanggulangi jika daun mentimun berwarna kekuningan/kecokelatan yakni dengan cara menambahkan pupuk organik maupun anorganik yang mengandung unsur Zn, Mg, Mn, C, K, dan Nitrogen. Semua unsur hara tersebut sangat penting untuk membuat organ daun mentimun lebih segar dan nampak sehat (berwarna hijau). Silakan buka wawasan dengan membaca artikel berikut ini: Bakal Buah Mentimun Rontok dan Cara Mencegahnya.

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Daun Timun Berwarna Kuning Kecokelatan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar