Daun Jagung Menguning, Inilah Sebab dan Cara Mengatasinya

Pertanian jagung di Indonesia memang berkembang cukup pesat. Hampir di setiap daerah di Indonesia penanaman jagung dilakukan di kebun-kebun, sentra persawahan, lahan perbukitan sampai pada daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Jagung juga menjadi bahan makanan pokok orang Indonesia karena makanan ini mengandung banyak energi dari kandungan karbohidratnya.

Daun jagung menguning pada pangkal batangnya.(tipspetani.com)
Banyaknya hasil panen jagung juga ditentukan oleh produktivitas tanaman itu sendiri, cara petani melakukan perawatan tanaman, hingga bagaimana pemilihan benih yang tepat. Perawatan tanaman yang tidak baik dan benar tentu saja akan berdampak buruk pada hasil panen. Termasuk permasalahan yang kerap muncul yaitu adanya gangguan hama dan penyakit, organ tanaman mengalami kerusakan, atau pada organ daunnya menguning, tentu ini sangat mengkhawatirkan petani, sebab takut gagal panen. Berikut mungkin permasalahan daun jagung yang menguning, yang sedang anda alami:

Daun jagung menguning pada pangkal batangnya. (tipspetani.com)
Daun jagung menguning adalah gejala dimana tanaman kekurangan unsur hara makro, seperti Nitrogen (N). Kekahatan/kekurangan/defisiensi unsur hara nitrogen akan berimbas pada daun jagung yang menguning dan sedikit ada warna kecokelatan dan nampak seperti daunnya terbakar. Gejala ini menyebar ke seluruh bagian daun mulai dari ruas bawah hingga ruas paling atas. Namun, secara keseluruhan gejala paling sering muncul yaitu hanya sebatas pada bagian daun di ruas paling bawah dekat dengan batang pokoknya. Menguningnya daun jagung juga bisa diidentifikasi sebagai gejala terjadinya peristiwa nekrosis dan klorosis pada tanaman.

Adapun cara untuk mencegah agar daun jagung tidak menguning yaitu untuk memastikan bahwa untuk pemupukan jagung sebaiknya menggunakan pupuk yang banyak mengandung unsur Nitrogen (N) yang cukup tinggi. Imbangi juga penggunaan pupuk dengan kadar P dan K yang cukup, sehingga daun tanaman akan nampak hijau tanpa menguning. Silakan baca juga: Perbedaan Klorosis dan Nekrosis pada Daun Tanaman Serta Solusi Mengatasinya. Semoga bermanfaat,

Artikel Terbaru

Daun Jagung Menguning, Inilah Sebab dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar