Memperbaiki Struktur Tanah dengan Pupuk Organik


Seringkali kita melihat gersangnya lahan pertanian, termasuk tanah tandus, kurang unsur hara. Akibatnya, tanaman yang tumbuh di atasnya kurang berproduksi secara optimal. Hal seperti ini bisa terjadi karena struktur tanah sudah mulai rusak. Bisa juga disebabkan penggunaan senyawa kimia pestisida, pupuk kimiawi yang terakumulasi di dalam tanah. Lambat-laun akan terus memperparah kondisi tanah. 

Untuk memperbaiki struktur tanah agar tetap baik yaitu dengan cara penggunaan pupuk organik secara kontinyu. Mulai sejak tanaman di tanam sampai menghasilkan, perlu dilakukan pemupukan organik. Pupuk organik bisa berupa pupuk dari kotoran ternak misal pupuk kandang kotoran sapi, kerbau, ayam, dan lainnya.

Tanaman seledri tumbuh subur karena tanah yang berkualitas. (Dokumentasi: Wahid Priyono,S.Pd.)
Tanaman seledri tumbuh subur karena tanah yang berkualitas. (Dokumentasi: Wahid Priyono,S.Pd.)

Pupuk organik menyimpan banyak unsur hara yang dibutuhkan tanaman, yakni berupa unsur hara makro dan unsur hara mikro. Komponen unsur hara ini juga mudah bertahan lama tinggal di dalam tanah yang rata, dan tidak terjadi penyucian hara oleh air hujan secara berlebihan.
Struktur tanah yang baik tentu saja menjadi hal yang diharapkan tumbuhan itu sendiri. Dengan begitu, apapun jenis tanaman yang anda budidaya di lahan tersebut maka akan jaug berkualitas. Hasil panen akan bagus dan produktivitasnya tinggi. 

Artikel Terbaru

Memperbaiki Struktur Tanah dengan Pupuk Organik
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar