Berapa Hari Benih Cabe Berkecambah/Tumbuh?

Bagi petani pemula, mungkin sangat dasar sekali pertanyaan: "Berapa Hari Benih Cabe Berkecambah?". Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang juga harus dijawab oleh rekan petani yang sudah terbiasa menanam cabe di kebun/sawahnya.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, sejak semai awal sampai benih cabe berkecambah membutuhkan waktu setidaknya 3-5 hari, ini juga tergantung dari perlakuan masing-masing petani. Jika benih cabe memiliki ketercukupan air, maka perkecambahan bijinya akan semakin cepat. Namun sebaliknya, jika kodisi lingkungan dimana benih disemai kekurangan air atau tanpa air sama sekali, maka bisa jadi bibit akan lebih lama berkecambah.

Tanaman Cabe Sudah Dipindahkan ke Polybag Pasca Penyemaian.
Tanaman Cabe Sudah Dipindahkan ke Polybag Pasca Penyemaian. (Dokumentasi Foto Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)

Ingat bahwa, dalam perkecambahan biji, maka ketercukupan air sangat penting untuk menunjang kecepatan tumbuh tanaman. Selain itu, benih juga sebaiknya disemai pada lahan/media yang terdapat ketercukupan cahaya matahari. Cahaya matahari begitu penting sebagai faktor penunjang dalam fotosintesis tanaman. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat untuk rekan-rekan petani di Indonesia. Silakan baca juga: Penyebab Daun Kelengkeng Rontok Berguguran.

Artikel Terbaru

Berapa Hari Benih Cabe Berkecambah/Tumbuh?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

3 komentar