Cara Penyiangan dan Pendangiran Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar

Tanaman cabe penting sekali dirawat secara totalitas oleh petani. Salah satu perawatan tanaman cabai yaitu pendangiran dan penyiangan. Pendangiran pada tanaman cabe dilakukan dengan cara menggemburkan lahan supaya subur. Caranya yaitu mencangkul kecil-kecil tanah di sekitar tempat tumbuh cabe. Namun, upayakan saat pendangiran tidak melukai pada bagian akar tanaman. Pendangiran biasanya menggunakan cangkul kecil/pencong.

Sembari melakukan pendangiran, alangkah baiknya juga dilakukan kegiatan penyiangan. Penyiangan merupakan upaya yang dilakukan petani untuk mencegah lahan tanam dari muncul dan tumbuhnya gulma (rumput liar). Pencegahan dilakukan dengan penyiangan yaitu dengan mencabut secara manual gulma atau mengoretnya menggunakan cangkul atau pencong kecil. Pengoretan gulma sebaiknya tidak menyisakan rimpang/akarnya, sebab dapat tumbuh kembali jika musim hujan datang.

Kegiatan pendangiran dan penyiangan cabe di lahan perbukitan, hasil panen optimal
Kegiatan pendangiran dan penyiangan cabe di lahan perbukitan, hasil panen optimal (Dokumentasi Foto Oleh: Wahid Priyono, S.Pd.)


Baik penyiangan dan pendangiran harus tetap dilakukan selama membudidaya cabe. Karena kedua kegiatan ini akan berdampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman hingga menghasilkan buah cabe yang lebat. Silakan baca juga: Pendangiran Secara Rutin Dapat Membuat Tanaman Tumbuh Subur dan Sehat.

Artikel Terbaru

Cara Penyiangan dan Pendangiran Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar