Bakal Buah Mentimun Rontok dan Cara Mencegahnya

Bakal buah mentimun merupakan cikal bakal yang akan menjadi buah seutuhnya. Namun siapa sangka jika bakal buah seringkali rontok atau berguguran sebelum menjadi buah utuh. Hal ini adalah gejala normal yang sering terjadi pada saat membudidaya mentimun di sawah.

Saya sendiri juga pernah mengalami kerontokan pada bakal buah mentimun yang cukup parah. Namun, ini bisa disiasati dan dicari penyebab serta cara mengatasinya.

Faktor penyebab bakal buah mentimun rontok karena tanaman kekurangan unsur hara Nitrogen (N), Kalsium (Ca), Kalium (K), Phosfor (P), dan Magnesium (Mg). Unsur-unsur hara tersebut sangat berguna dalam hal untuk peningkatan jumlah buah secara signifikan, memperkuat pada bagian tangkai bunga dan buah, serta mencegah penuaan dini pada bakal buah.

Tanaman mentimun dengan bakal buah yang sehat tidak rontok
Tanaman mentimun dengan bakal buah yang sehat tidak rontok (Dokumentasi: Wahid Priyono, S.Pd.)


Selain kekurangan unsur hara, bakal buah mentimun rontok bisa disebabkan karena hama pemotong tangkai buah, seperti ulat buah. Hama ini dapat disingkirkan dengan penyemprotan insektisida cair pada bagian organ tanaman secara umum. Penyakit akibat jamur parasit juga ikut serta dalam perontokan tangkai bakal buah.

Untuk mencegahnya maka setiap kali musim tanam timun sebaiknya menggunakan mulsa plastik. Penerapan mulsa plastik pada lahan pertanian timun sangat bagus untuk mencegah dan mengurangi munculnya hama dan penyakit yang tidak diinginkan. Pengolahan tanah yang bagus serta pemupukan dengan dosis yang sesuai (baik pupuk organik dan anorganik). Penyiraman tanaman secara rutin dapat membuat bakal buah lebih sehat sehingga tidak rontok lagi. Semoga bermanfaat dan silakan baca juga: Nutrisi Air Cucian Beras

Artikel Terbaru

Bakal Buah Mentimun Rontok dan Cara Mencegahnya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar