Nutrisi Air Cucian Beras (Sangat Bagus Untuk Tanaman Sayur Mayur dan Buah)

Saat akan mengukus nasi, terlebih dahulu beras harus dicuci terlebih dahulu. Konon, kata orang jawa, jika akan menanak nasi, maka beras harus dicuci bersih biar nasi tidak mudah basi. Ternyata taukah anda bahwa air cucian beras yang berwarna putih susu bisa bermanfaat lho untuk pupuk organik cair. Beberapa riset dan penelitian dari kementerian pertanian di Indonesia menyebutkan bahwa ada banyak manfaat dari air cucian beras, karena bagus untuk pertumbuhan tanaman. Selain itu, manfaat dari air cucian beras antara lain:

  • Mempercepat pembentukan organ akar, batang, daun, dan bunga untuk tumbuh maksimal;
  • Membuat tanaman sayur mayur dan tanaman buah-buahan tumbuh subur;
  • Akar tanaman akan semakin kuat dan kokoh
  • Mencegah tanaman buah dan sayur dari defisiensi/kekurangan unsur hara tertentu;
  • Pada tanaman hias yang diberikan air cucian beras, selain meningkat pertumbuhannya juga bunganya akan semakin banyak
  • Pada tanaman buah-buahan jika diberi air cucian beras, maka pembungaan akan semakin cepat dan hasil panen buah meningkat sampai 150% (pertanian.go.id)
Dan taukah anda bahwa, air cucian beras itu banyak mengandung unsur hara seperti Mg, N, Ca, K, dan beberapa vitamin B12, dan vitamin B kompleks. Dan beberapa pakar pertanian meyakini bahwa dengan penambahan air cucian beras sebagai pupuk organik bagi tanaman, maka akan menjamin masa hidup tanaman jauh lebih lama dan produktif. 

Tanaman nangka diberi POC sejak kecil
Tanaman nangka diberi POC sejak kecil (Wahid Priyono, S.Pd.)

Untuk aplikasi air cucian beras pada tanaman sayur mayur, buah-buahan dan tanaman hias, silakan ikuti pedoman berikut:
  • Pada tanaman hias: 400 mL/tanaman umur di atas 1 bulan (diberikan setiap pagi dan sore hari, dengan disiramkan langsung ke pusat tumbuh tanaman/akarnya)
  • Pada tanaman buah-buahan: (600 mL/tanaman umur lebih dari 3 bulan/menginjak waktu pembungaan), diberikan setiap 4 hari sekali pada waktu pagi hari saja, dengan cara disiram pada pusat tumbuh tanaman/akarnya)
  • Pada tanaman sayur mayur: (sesuai kebutuhan, yakni dengan cara disemprotkan/disiram langsung pada pusat tanaman (akarnya). Aplikasi bisa setiap hari, dan dilakukan pada waktu pagi/sore hari.
Itulah tadi cara aplikasi pupuk organik cair dari air cucian beras, semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Usia Pohon Pisang Siap Panen dan Cara Memanennya.

Artikel Terbaru

Nutrisi Air Cucian Beras (Sangat Bagus Untuk Tanaman Sayur Mayur dan Buah)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar