Kenapa Bunga Cabe Bisa Rontok ? Begini Penjelasannya

Rontoknya bunga cabe bisa terjadi karena beberapa faktor penting yang mengiringinya. Terutama faktor internal (dari dalam) dan eksternal (faktor dari luar tubuh tumbuhan itu sendiri). Faktor internal yang memengaruhi bunga cabe rontok karena perubahan hormonal pada tumbuhan. Hormon asam absisat yang diproduksi di bagian daun dan bunga juga ikut berperan penting dalam perontokan bunga dan daun. Selain itu, faktor eksternal yang sering menyebabkan tanaman cabe mengalami rontok bunga adalah karena kekurangan air. Sebagai kita ketahui bahwa, air adalah pelarut penting untuk berbagai reaksi metabolisme, enzimatis, dan hormonal.

Tanaman Cabe Rawit Jengki Mulai Berbunga dan Berbuah dengan Sehat.
Tanaman Cabe Rawit Jengki Mulai Berbunga dan Berbuah dengan Sehat. (Wahid Priyono, S.Pd.)

Faktor eksternal lainnya seperti tanaman kekurangan unsur hara tertentu. Sehingga jika tanaman cabe kekurangan unsur hara maka akan mengalami gangguan pada organnya. Kekurangan unsur hara seperti Nitrogen (N), Kalsium (Ca), Kalium (K), Phospor (P), Magnesium (Mg), dan Zn akan menyebabkan tanaman cabe mengalami kerontokan bunga.

Maka dari itu solusi terbaik untuk mencegah pohon cabe dari kerontokan maka penting sekali melakukan pemupukan pada tanaman cabe. Pastikan bahwa pupuk tersebut mengandung unsur N, Ca, K, P, Mg, dan Zn. Contoh pupuk yang mengandung unsur hara tersebut adalah pupuk KCL, Urea, pupuk kalsium, NPK mutiara, dan lain sebagainya. Pupuk-pupuk tersebut banyak dijual di pasaran. Silakan baca juga: Agar Timun Tidak Bengkok.

Artikel Terbaru

Kenapa Bunga Cabe Bisa Rontok ? Begini Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar