Jenis Tanah yang Bagus untuk Menanam Cabe Agar Berbuah Lebat

Dalam membudidaya/menanam tanaman cabe, seyogyanya sebagai seorang petani harus mengetahui syarat tumbuh tanaman cabe, salah satunya adalah tentang pemilihan jenis tanah yang tepat. Sebab bagaimanapun juga pemilihan jenis tanah yang tepat akan mempengaruhi produktivitas hasil panen cabe nantinya.

Di beberapa daerah di Indonesia bisa jadi untuk jenis tanahnya berbeda-beda, sehingga setiap hasil panen cabenya pun akan mempunyai perbedaan secara signifikan. Sebagai contohnya, di daerah “C” dengan jenis tanah “C”, akan mempunyai perbedaan pertumbuhan tanaman cabe dan hasil buahnya dengan daerah “D” dengan jenis tanah “D”.

Jenis Tanah yang Tepat Membuat Tanaman Cabe Berbuah Lebat
Jenis Tanah yang Tepat Membuat Tanaman Cabe Berbuah Lebat, Photo Kontributor: FB Komunitas Petani Cabe Indonesia/KPCI.

Adapun jenis/macam-macam tanah yang paling baik untuk tanaman cabe diantaranya sebagai berikut:

     1.       Tanah Lempung Berpasir;

Tanah lempung berpasir banyak dijumpai di lahan sawah. Di lahan persawahan memang sangat bagus untuk membudidaya tanaman cabe, sebab memang selain jenis tanahnya lempung berpasir, juga keberadaan unsur haranya tercukupi secara baik.

Di lahan persawahan ketersediaan hara cukup karena sering digunakan tanahnya untuk berulangkali menanam berbagai macam jenis tanaman hortikultura tertentu.

     2.       Tanah Liat Berhumus;

Tanah liat berhumus biasanya banyak dijumpai di lahan persawahan dan perkebunan hortikultura sayur mayur dan buah-buahan. Di tanah jenis liat berhumus memang juga bagus untuk menanam cabai, karena ketersediaan humus dan hara sangat banyak.

Tanah humus mengandung unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman cabe, seperti unsur hara makro dan mikro seperti unsur Nitrogen (N), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), dan lain sebagainya.

Sebagai acuan bahwa dalam budidaya cabe alangkah baiknya memakai lahan tanah lempung berpasir maupun tanah liat berhumus yang dibuatkan dalam bentuk lahan-lahan bedengan memanjang yang di bagian atas permukaan bedengan diberikan perangkat mulsa plastik agar kelembaban tanah dan unsur hara tidak mudah mengalami erosi (hilangnya unsur hara) yang diakibatkan oleh genangan air atau intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Semoga dengan anda mengetahui jenis-jenis tanah yang paling bagus untuk tanaman cabe, maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe yang sedang anda budidaya akan menghasilkan buah lebat, serta produktivitasnya menjadi tinggi. Selamat mencoba semoga berhasil. Jangan lupa klik dan baca juga artikel di bawah ini, klik: 5 Teknik Perawatan Cabe, Panen 60 Kali Lipat.

Artikel Terbaru

Jenis Tanah yang Bagus untuk Menanam Cabe Agar Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar