Penanaman Jagung: Penyiapan Benih, Pengaturan Jarak Tanam dan Cara Penanamannya

Dalam budidaya jagung, penyiapan benih merupakan langkah awal yang harus ditentukan oleh petani yang hendak menanam jagung di kebun/sawah miliknya. Gunakan benih jagung yang unggul dan varietas yang sering diburu konsumen di pasaran.

1. Penyiapan Benih Jagung

Sebaiknya gunakan benih jagung dengan varietas unggul dengan tingkat keberhasilan tumbuh lebih dari 95%. Penyiapan benih sebaiknya mengikuti anjuran/saran dari produsen benih.

Tanaman Jagung Tumbuh Subur dengan Teknik Penanaman yang Benar
Tanaman Jagung Tumbuh Subur dengan Teknik Penanaman yang Benar. Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan).

Bagi benih jagung yang bukan dari pabrikan, benih dapat disiapkan terlebih dahulu dengan cara merendam benih dengan insektisida yang berguna agar benih tidak mudah terserang hama dan tungau pemakan biji.

Bagi benih yang diproduksi di pabrik, umumnya sudah dicampuri dengan insektisida, dengan penampakan benih secara umum adalah berwarna merah, sehingga tidak perlu lagi direndam insektisida.

2. Pengaturan Jarak Tanam Jagung

Jarak tanam untuk tanaman jagung dalam satu larikan atau satu baris sekitar 20 cm, sedangkan jarak antar baris yakni 70 - 75 cm. Bila bedengan yang dibuat selebar 2 meter, maka akan terdapat setidaknya 3 baris tanaman jagung dalam satu bedengnya.

3. Cara Penanaman Jagung

Penanaman benih/bibit jagung bisa dilakukan seminggu sejak pengolahan lahan tanam, pemberian pupuk organik dan pengapuran.

Lubang tanam jagung dibuat dengan mesin pelubang, dengan tugal atau mesin planter. Adapun kedalaman lubang tanam sekitar 3 - 5 cm. Masukan 2 benih jagung dalam satu lubang tanam. Kemudian tutup dengan tanah, jangan dipadatkan.

Siapkan juga tempat penyemaian benih secara terpisah, gunanya untuk menyulam bibit jagung yang gagal tumbuh/berkecambah agar tanaman hasil sulaman mempunyai umur yang sama dengan tanaman jagung yang sudah ditanam di lahan bedengan.

Periksalah pertumbuhan dan perkembangan benih setelah satu minggu. Apabila ada bibit jagung yang gagal tumbuh, maka sulamlah dengan bibit yang seumuran, atau dengan bibit yang sudah disemai secara terpisah.

Semoga informasi tentang cara penanaman jagung di atas berguna untuk anda, jangan lupa baca dan klik juga artikel berikut ini: Waktu Panen dan Ciri Jagung yang Sudah Siap Dipanen.


Artikel Terpopuler

Penanaman Jagung: Penyiapan Benih, Pengaturan Jarak Tanam dan Cara Penanamannya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar