Waktu Panen dan Ciri Jagung yang Sudah Siap Dipanen

Tanaman jagung sudah dapat dipanen pada waktu berumur sekitar 100 hari setelah tanam (HST), tergantung dari jenis benih (varietas) yang digunakan.

Secara fisik, jagung yang siap dipanen mempunyai karakteristik/ciri yakni terlihat dari daun klobotnya yang mengering, berwarna kekuningan. Panen yang dilakukan sebelum atau setelah fisiologisnya akan berakibat pada komposisi kimiawi jagung yang menentukan kualitasnya.

Tanaman Jagung Siap Dipanen
Tanaman Jagung Sudah Mulai Siap Dipanen, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan).

Setelah (pasca) panen jagung harus dikeringkan terlebih dahulu. Cara yang paling umum dan sering dilakukan petani untuk mengeringkan jagung yaitu dijemur di ladang bersama dengan klobot-klobotnya. Atau bisa juga dikelupas klobotnya, lalu dijemur di atas matras atau di lantai semen di halaman rumah.

Kerusakan pada buah jagung masih bisa terjadi selama masa pengeringan apabila panen dilakukan di musim penghujan. Jagung yang sangat basah rentan terserang jamur/cendawan parasit yang mengurangi kualitas biji. Jamur ini bisa berkembang pada bagian bonggol dan gerigi diantara barisan biji satu dengan biji-biji lainnya. Selain itu, jamur parasit ini bisa merusak hasil panen hingga 50%.

Artikel Terbaru

Waktu Panen dan Ciri Jagung yang Sudah Siap Dipanen
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar