Cara Pemeraman Buah-Buahan dengan Pengemposan

Pemeraman dengan pengemposan banyak dilakukan oleh pedagang pengumpul di sentra produksi pisang. Buah pisang yang akan diempos biasanya dalam bentuk tandanan. Pengemposan dilakukan di dalam tanah. Mula-mula digali lubang yang besarnya tergantung dari jumlah tandan pisang yang akan diempos. Untuk seratus tandan pisang lubang yang diperlukan sebesar 2 x 3 x 3 meter kubik.

Buah Jeruk Hasil Pengemposan
Buah Jeruk Hasil Pengemposan, Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan).

Selanjutnya, lubang diberi tutup dari papan dan timbun dengan tanah. Penutupan disisakan untuk tempat masuknya pisang. Pada ujung lubang diberi bumbung bambu untuk tempat masuknya asap. Daun kelapa dibakar, asapnya dimasukan ke dalam bumbung bambu dengan cara dikipasi. Pengasapan dilakukan 2 kali setiap 12 jam sekali. Setelah penegasapan, buah dibiarkan di dalam lubang selama 24 jam. Setelah 24 jam, buah diangkat dari dalam lubang, diangin-anginkan kemudian dibungkus daun pisang kering dan siap diangkut ke daerah pemasaran.

Sumber Referensi:

Satuhu, Suyanti dan Supriyadi, Ahmad. 2005. Pisang, Budidaya Pengolahan dan Prospek Pasar. Jakarta: Penebar Swadaya. 

Artikel Terpopuler

Cara Pemeraman Buah-Buahan dengan Pengemposan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

December 18, 2016 at 12:45 PM Delete

Salam kenal mas.... Manfaat pemeraman demgan pengemposan itu sendiri buat apa mas? Teknik ini belum ada di daerah kami.... Terimakasih atas jawaban mas.

Reply
avatar
December 19, 2016 at 5:04 AM Delete

Hallo pak Ahmad, salam kenal juga pak... manfaat dari pemeraman dengan pengemposan untuk mempercepat pematangan buah-buahan pak. Misalnya buah sirsak, buah pepaya, buah nona, srikaya,cempedak, dll. Selamat mencoba pak, semoga berhasil. Ayo sebarkan informasi ini ke rekan-rekan bapak yang ada di daerah. Terimakasih.

Reply
avatar