Tak Perlu Pakai Tiang Ajir, TOMAT RAMPAI Berbuah Lebat

Beberapa waktu lalu saya sempat membudidaya tanaman tomat rampai. Tomat rampai memang sering sekali kami budidaya, karena menurut kami tomat rampai paling mudah dibudidaya, dan tidak seperti tanaman lainnya yang cukup ribet.

Saya mencoba menanam tomat rampai tersebut di lahan persawahan, dan memang berdasarkan praktek langsung, tanaman tomat rampai paling bagus dibudidaya di lahan persawahan. Karena di jenis tanah persawahan yakni tanah lempung berpasir yang kaya akan humus, dan juga nutrisi hara yang dibutuhkan tanaman tomat tersebut.

Kebun Tomat Rampai Milik Saya
Kebun Tomat Rampai Tanpa Diberi Tiang Ajir (Milik Saya) , Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Memang dalam budidaya tomat supaya tanamannya tidak roboh maka beberapa petani menggunakan tiang rambat/tiang ajir. Namun hal itu tidak untuk aktitas budidaya tomat rampay yang saya lakukan. Justru saya malah sebaliknya, tidak pernah menggunakan tiang ajir sebagai tiang penyangga bagi tanaman tomat rampai yang saya tanam.

Meskipun tidak menggunakan tiang ajir untuk menyangga tanaman tomat yang saya tanam, namun tomat rampai tetap berbuah lebat, dan tentu saja hal ini tidak mempengaruhi produktivitas hasil panen tomat rampai yang saya terima.

Hasil Panen Tomat Rampai di Kebun Saya Pribadi
Hasil Panen Tomat Rampai di Kebun Saya Pribadi (Photo Original by: Wahid Priyono).

Saya tidak melarang anda untuk menggunakan atau tidak menggunakan tiang ajir dalam budidaya tomat. Tidak memakai tiang ajir juga sebenarnya menurut saya pribadi tidak apa, yang terpenting adalah tanaman tomat rampai bisa tumbuh merunduk juga tidak masalah, karena biasanya buah tomat rampai bisa menyesuaikan dengan suhu (temperatur) lingkungan di sekitar habitat mereka hidup. Tak perlu khawatir buat petani tomat rampai yang tidak menggunakan tiang ajir dalam budidaya tomat. Silakan klik dan baca juga: Hortikultura Tomat Rampai.

Artikel Terbaru

Tak Perlu Pakai Tiang Ajir, TOMAT RAMPAI Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar