Jenis Pupuk Paling Bagus Untuk Tanaman CABE Adalah.....

Membudidaya tanaman cabe pasti melewati tahap perawatan tanaman, yakni kegiatan pemupukan. Pada saat kegiatan pemupukan tanaman, beberapa jenis pupuk tertentu pasti diberikan kepada tanaman cabe dengan maksud supaya tanaman cabe tumbuh secara optimal.

Namun demikian, dalam kegiatan pemupukan tanaman cabe anda juga penting sekali mengetahui bagaimana cara dalam pemberian pupuk untuk masa-masa pertumbuhan tanaman cabe, baik pada saat tanaman cabe masa perkecambahan, masa perawatan, hingga ke tahap pemberian pupuk ketika tanaman sudah beranjak dewasa dan menghasilkan organ tanaman lengkap.

Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat
Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat. Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (Guru Ilmuan Indonesia).

1.       Pemupukan Cabe Umur 1 – 30 hari

Pada masa semai cabe sebaiknya para petani harus memberikan tanaman dengan pupuk organik dari tahi ayam kering yang kemudian dicampurkan dengan tanah bedengan. Perbandingan persentase jumlah tanah dengan kotoran tahi ayam kering yakni = 3:1. Pemupukan organik ini diberikan pada saat tanaman cabe berumur muda di bawah umur 30 hari.

Perlu menjadi catatan anda bahwa jangan sekali-kali memberi pupuk anorganik misalnya urea, TSP, KCL untuk tanaman cabe yang baru semai, atau baru dipindahkan dalam wadah pot polybag, karena hal tersebut akan membuat tanaman yang baru saja berkecambah akan cepat mati.

Sebaiknya, untuk pemupukan anorganik dilakukan setelah tanaman setidaknya berumur di atas 1 bulan, dimana pada saat itu tanaman sudah mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya (tempat ia tumbuh).

2.       Pemupukan Cabe Umur 1 bulan s.d 3 bulan

Setelah pemupukan organik di bawah umur tanaman 1 bulan, maka pada bulan-bulan berikutnya yaitu tanaman secara fisiologis sudah siap untuk dimanja-manja secara bebas, artinya bisa diberikan pupuk organik maupun pupuk anorganik. Seandainya pemberian pupuk anorganik, maka anda bisa memberikan jenis pupuk misalnya urea, larutan pupuk phonska cair, pupuk TSP, pupuk NPK mutiara.

3.       
     Pemupukan Cabe Menjelang Tanaman Berbunga dan Berbuah
     
      Pada saat tanaman cabe sudah memasuki masa pembungaan, menjelang pembuahan, maka anda dapat memberikan tanaman cabe dengan berbagai macam unsur hara yang didapat dari pupuk tanaman tertentu, maka pada umur tanaman menginjak masa pembungaan dan berbuah, maka sebaiknya berikan saja secara rutin pupuk organik cair dari larutan pupuk phonska cair. Selengkapnya, silakan klik dan anda baca: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair Untuk Tanaman Cabe.

Artikel Terbaru

Jenis Pupuk Paling Bagus Untuk Tanaman CABE Adalah.....
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar