3 Cara Tidak Alami Agar CABE Cepat Subur dan Berbuah Lebat

Tanaman cabe seringkali dibudidaya oleh masyarakat petani di Indonesia. Cabe sangat digemari karena kegunaannya yang begitu banyak sekali. Sebagai contoh dalam dunia kuliner buah cabe banyak dimanfaatkan untuk memberi cita rasa pedas pada masakan, atau cabe juga bisa dijadikan sebagai bahan pelengkap menu makanan gorengan (tahu goreng, bakwan, combro, dan lainnya).

Melihat begitu banyak kegunaan buah cabe, maka tidak ada salahnya anda mencoba untuk membudidayakannya sejak sekarang. Tugas anda cukup mudah, yakni beli bibit cabe di toko bibit atau bisa juga membelinya langsung dalam bentuk bibit sudah siap tanam. Pembeliaan bibit cabe siap tanam sebaiknya perlu dipertimbangkan, dan sebaiknya ke petani cabe profesional yang memang secara rekam jejak telah atau pernah berhasil membudidaya cabe dengan hasil panen baik, serta buah cabenya berbuah lebat. Sebagai panduan, anda bisa baca artikel ini juga: Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah Agar Cepat Berbuah Lebat

Setelah anda mengikuti beberapa panduan dalam budidaya cabe merah di atas, maka anda juga sangat baik jika melakukan perawatan tanaman cabe secara intensif. Perawatan tanaman cabe cukup banyak yang harus dikerjakan oleh anda sebagai seorang petani/penggemar tanaman perkebunan.

Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat, Perkebun Cabe Wahid Priyono
Tanaman Cabe Rawit Jengki Berbuah Lebat, Perkebun Cabe Wahid Priyono (Admin Guruilmuan).

Namun, untuk mendapatkan hasil tanaman cabe yang tumbuh subur dan berbuah lebat memang sebuah harapan dan tantangan bagi semua petani cabe, namun anda bisa mencoba beberapa kiat/langkah dalam membudidaya cabe supaya tanaman menjadi lebih subur dan juga berbuah lebat. Cara yang saya berikan ini memang terbilang tidak alami akan tetapi telah terbukti membuat tanaman cabe yang pernah saya budidaya menjadi tumbuh subur dan buahnya sangat lebat, tahan penyakit hama dan juga tidak mudah sakit-sakitan.

1. Gunakan Teknik Semai Cabe Steril Pro atau Sistem Gelintir.

Gambar cabe di atas merupakan salah satu dari beberapa gambar yang berhasil saya abadikan ketika pernah membudidaya cabe dan hasilnya cukup bagus. Waktu itu saya menanam cabe rawit jengki yang memang di daerah saya cukup terkenal.

Saya sangat senang sekali menyemai biji cabe menggunakan teknik steril pro. Beberapa petani lainnya juga pernah menggunakan teknik steril pro dan ada juga sistem semai cabe gelintir (soil block).

Kedua cara semai cabe di atas sangat bagus untuk mendapatkan hasil panen cabe yang berprospek sangat cerah dan menguntungkan.

2. Gunakan Larutan Pupuk Phonska Cair.

Larutan pupuk phonska cair memang sangat terbukti mampu mempercepat laju pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, dan juga merangsang pembesaran pada buah cabe. Selain itu, kandungan unsur hara komplit pada larutan pupuk phonska yang dikocor sendiri juga terbilang efektif untuk merangsang supaya tanaman cabe memproduksi buah dalam jumlah banyak, alias berbuah lebat.

Pembuatan dan penggunaan pupuk larutan phonska cair cukup mudah dan dapat anda kerjakan di rumah tempat anda berkarya.

3. Atur Jadwal Pemupukan Cabe Secara Bijaksana

Tanaman cabe juga harus mendapatkan perawatan intensif dan terarah. Sebagai seorang pekebun/petani tentu saja tak mau hasil tanam cabenya rugi atau penyakitan, oleh karena itulah membuat jadwal pemupukan pada cabe secara baik. Selengkapnya silakan baca: Jadwal Pemupukan Pada Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.


Artikel Terpopuler

3 Cara Tidak Alami Agar CABE Cepat Subur dan Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar