2 Teknik Penyemaian CABE Yang Berkualitas Tinggi (Hight Quality)

Cabe adalah tanaman perkebunan yang paling banyak dibudidaya oleh petani di seluruh daerah di Indonesia. Karena beberapa alasan mengapa seseorang pekebun membudidaya cabe, salah satu diantaranya yakni budidaya tanam cabe cocok sebagai alternatif untuk menghasilkan finansial yang baik. Atas dasar itulah, budidaya cabe sangat diminati karena dipasaran juga harga buah cabe cenderung stabil, dan terkadang pada hari-hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri dan Ramadhan maka harga buah cabe sangat mahal.

Mendapatkan hasil panen buah cabe yang berbuah lebat, tanamannya subur dan cepat berbuah merupakan impian dari semua petani/pekebun yang membudidayanya. Sehingga beberapa petani cabe yang profesional tentu saja mereka mempunyai strategi (tips) tersendiri supaya tanaman cabenya lekas berbuah lebat, tentunya hal ini harus disesuaikan juga dengan bagaimana cara penyemaian sebagai dasar dalam pertanian cabe..

Berikut ini ada beberapa praktek penyemaian cabe yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil pertanian cabe supaya cepat berbuah, sehingga meminimalisir waktu tunggu yang terlalu lama.

1. Menggunakan Teknik Semai Cabe Steril Pro 

Teknik semai cabe steril pro telah terbukti ampuh dalam mendongkrak hasil panen cabe yang lebih optimal. Petani cabe profesional seringkali menggunakan metode/teknik penyemaian cabe ini karena alasan lebih murah, praktis, dan juga hemat waktu, artinya waktu tumbuh bibit lebih cepat daripada teknik semai cabe lainnya.

Tanaman Cabe Tumbuh Subur Pakai Teknik Steril Pro
Tanaman Cabe Tumbuh Subur Pakai Teknik Steril Pro. Photografer: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Teknik semai cabe steril pro dapat anda kerjakan di rumah anda sendiri, dan caranya sangat gampang sehingga semua orang dapat mempraktekannya sendiri. Sebagai panduan tentang bagaimana cara penyemaian cabe steril pro, anda bisa membacanya pada tutorial lengkap berikut ini: Cara Semai Cabe "Steril Pro", Dihasilkan Tanaman Serentak.

Teknik steril pro ini sangat bagus sebagai dasar-dasar dalam pertanian yang mengulas betapa hebatnya menyemai cabe dengan waktu relatif cepat dan dengan hasil yang memuaskan.

2. Dapat Menyemai Benih Cabe Dengan Sistem Gelintir 

Selain teknik steril pro, pembenihan/penyemaian bibit cabe dapat dilakukan menggunakan teknik gelintir (soil block). Teknik/sistem gelintir ini telah diperkenalkan oleh salah satu anggota dari group facebook Komunitas Petani Cabe Indonesia (KPCI) atas nama Haris Setiawan.

Beberapa keuntungan teknik semai cabe sistem gelintir diantaranya yakni, lebih sederhana, mudah, praktis. Selain itu, dapat menekan biaya produksi, lebih efisien, irit (hemat biaya), tidak perlu menggunakan pot/wadah polybag, serta dihasilkan tanaman yang tumbuh serentak.

Teknik gelintir dapat anda terapkan pada saat anda hendak membudidaya cabe, yakni pada tahap awal penyemaian bibit. Sebagai informasi tentang langkah-langkah dalam menyemai cabe dengan teknik gelintir, ada dapat membaca artikel berikut ini: Cara Penyemaian Bibit Cabe Sistem Gelintir (Soil Block).

Melihat beberapa keuntungan di atas, tentu saja saat anda memulai bisnis/usaha pertanian cabe, tak ada salahnya anda mencoba dari kedua teknik cara semai cabai di atas.

Semoga informasi yang dikupas pada bagian di atas dapat bermanfaat untuk anda. Salam pertanian, ayo berkebun, ayo menanam !

Artikel Terpopuler

2 Teknik Penyemaian CABE Yang Berkualitas Tinggi (Hight Quality)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar