Pengaruh Menanam Cabe Berdampingan Dengan Tanaman Cabe Yang Lama

Beberapa petani di daerah atau petani cabe pemula seringkali bertanya tentang apakah ada pengaruhnya jika tanaman cabe merah ditanam berdampingan, maksudnya tanaman cabe yang lama masih ada, terus ditanam lagi tanaman cabe baru di sebelahnya?

Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan mudah, karena tentu saja tanaman cabe yang lama bisa jadi memiliki riwayat hidup yang buruk, maksudnya bisa saja telah menjadi tanaman inang yang membawa vektor virus, bakteri parasit, dan juga hama maupun penyakit berbahaya bagi tanaman baru nantinya.

Beberapa petani profesional yang telah lama bekerja di bidangnya tersebut, telah menjelaskan bahwa biasanya ada pengaruhnya, karena tanaman yang baru bisa saja terinfeksi oleh virus gemini yang sering menyerang tanaman cabe.

Untuk mencegah penularan virus gemini dari satu tanaman cabe satu ke tanaman lainnya, maka solusinya dapat mencabut salah satu atau beberapa pohon cabe yang teridentifikasi (terlacak) sebagai pembawa agen virus gemini yang membahayakan bagi tanaman cabe yang muda baru ditanam.

Perkebunan Cabe Hortikultura
Perkebunan Cabe Hortikultura, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Virus gemini juga dapat dicegah dengan pemberian obat v-protek dengan dosis 3 sendok makan dengan air sebanyak 6 Liter untuk sekali semprot pada beberapa tanaman cabe yang dibudidaya.

Dapat juga anda menggunakan produk obat pertanian yaitu MOVENTO yang telah terbukti mampu mencegah pertumbuhan jamur, hama, dan juga penyakit pada tanaman cabe. Produk tersebut juga dapat anda beli secara langsung di toko pertanian.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang apakah ada pengaruh menanam cabe berdampingan dengan tanaman cabe yang lama?, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Jangan lupa tambahkan wawasan anda dengan membaca artikel berikut: Solusi Mengatasi Bunga Cabe Rontok Pada Musim Hujan.

Artikel Terpopuler

Pengaruh Menanam Cabe Berdampingan Dengan Tanaman Cabe Yang Lama
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar