Solusi Mengatasi Bunga Cabe Rontok Pada Musim Hujan

Tanaman cabe merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman hortikultura sayur mayur maupun buah. Penanaman cabe juga harus melihat syarat tumbuh yang tepat disesuaikan dengan kondisi bentang alam kawasan penanamannya.

Terkadang banyak sekali faktor yang mungkin saja memperlambat tumbuh-kembang tanaman, mulai dari terserangnya tanaman dari penyakit dan hama, kematian dan layu pada tanaman, hingga pada kerontokan pada organ bunga dan buahnya.

Dari beberapa kasus yang ditemui di lapangan, bunga cabe seringkali mengalami kerontokan secara massal, hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya, adalah:

  • Curah hujan yang terlalu tinggi di kawasan penanaman cabe;
  • Kekurangan unsur Kalsium (Ca) dan Kalium (K);
  • Air hujan yang terlalu banyak mengandung unsur Nitrogen (N);
  • Kelembaban tanah yang terlalu tinggi;
  • Pengairan pada lahan tanam yang kurang terkontrol dengan baik;
  • Perawatan tanaman yang keliru terutama dalam pemberian pupuk yang cocok untuk varietas cabe tertentu.
Jika permasalahan di atas sedang anda temui, maka langkah yang paling terbaik adalah mencari solusi jitu untuk mencegahnya.

Curah Hujan Tinggi, Buah Cabe Busuk dan Bunga Banyak Yang Rontok
Curah Hujan Tinggi, Buah Cabe Busuk dan Bunga Banyak Yang Rontok, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan melalui lama facebook Komunitas Petani Cabe Indonesia, ada beberapa cara yang dapat ditempuh sebagai solusi mengatasi bunga cabe rontok pada musim hujan, anda dapat memilih salah satu cara di bawah ini, diantaranya adalah:
  • Jika tanaman cabe kekurangan unsur hara Kalsium (Ca) dan Kalium (K), maka dapat menyebabkan bunga cabe rontok, sehingga dapat menggunakan CNG cap pak tani, dan boleh pakai MKP, atau produk Nutrisi Super Calcium. Penggunaan produk pencegah kerontokan bunga cabe yaitu Fitomic calcium cair biar cepat terserap dengan dosis 40 mL/tangki  15 - 16 Liter air. Pembelian produk obat pertanian di atas dapat dibeli di toko obat pertanian;
  • Menggunakan jahe, caranya: 1 kg jahe dihancurkan lalu ditambahkan dengan 5 Liter air lalu dikocor 200mL/batang;
  • Dapat menggunakan vita flora, dengan dosis 1 tangki 1.5;
  • Karena curah hujan tinggi mengandung unsur Nitrogen (N) terlalu tinggi, maka dapat diatasi  dengan penggunaan obat pertanian yang ada kandungan Phospor (P), misalnya produk ORANGE.
  • Di toko pertanian, anda juga dapat membeli produk pertanian dengan bermerek Calcium dan Boron yang dapat membuat tanaman cabe tahan terhadap hempasan angin dan air hujan berlebih, serta dapat membantu mengurangi kerontokan pada bunga cabe;
Itulah tadi penjelasan singkat tentang solusi mengatasi bunga cabe yang rontok pada musim hujan. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan petani di mana saja anda berada.

Salam budidaya pertanian, ayo menanam. Jangan lupa klik dan baca juga artikel berikut untuk menambah pengetahuan anda: Sebab dan Akibat Bunga dan Buah Cabe Rontok (Jatuh Berguguran).

Artikel Terpopuler

Solusi Mengatasi Bunga Cabe Rontok Pada Musim Hujan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar