Tips Menanam dan Merawat Cabe Di Musim Kemarau (Kering)

Menanam cabe tidak harus dilakukan pada saat musim hujan saja, akan tetapi menginjak musim kemarau, menanam cabe juga masih dapat dilakukan. Akan tetapi, risiko petani untuk mendapatkan air barangkali cukup terbatas, dan memang inilah yang menjadi tantangan bagi para petani cabe, apalagi saat ini anomali (perubahan) cuaca semakin tidak menentu, terkadang panas, kadang juga hujan yang tidak mengikuti kalender geografik.

Kondisi Pohon Cabe Di Musim Kering (Kemarau)
Kondisi Pohon Cabe Di Musim Kering (Kemarau), Foto Asli Oleh: Wahid Priyono (Guruilmuan)

Berbicara tentang kegiatan menanam dan merawat cabe dimusim kering (kemarau), sebaiknya untuk mengantisipasi dari kekeringan, maka petani/pekebun hortikultura harus mengantisipasinya dengan menanam cabe menggunakan beberapa peralatan, seperti:

1. Mulsa Plastik

Mulsa plastik berwarna perak keputihan sangat sering digunakan oleh petani melon, petani cabai, dan petani tomat rampai dalam menunjang pertanian mereka di lahan bedengan. Penggunaan mulsa plastik menjadi primadona (minat) dari kalangan petani, karena akan jauh lebih bermanfaat bagi tumbuhan dan media tanam yang digunakan. Adapun keuntungan dari mulsa plastik ini diantaranya adalah:
  • Mencegah tanah/bedengan tempat penanaman cabe tidak mudah mengalami erosi/longsor;
  • Menjaga tingkat keasaman tanah agar tetap stabil dan bermanfaat bagi tumbuhan;
  • Menjaga tanah agar tetap subur, gembur, dan kelembabannya baik;
  • Supaya tanah menjadi tetap terjaga kandungan airnya;
  • Dapat dijadikan sebagai media untuk membantu dalam pengusiran hama dan penyakit pada tanaman. Sebagai contoh, apabila mulsa plastik digelar/diletakkan di atas permukaan bedengan, maka bisa jadi jika terdapat cahaya matahari yang mengenai permukaan mulsa, maka cahaya tersebut akan dipantulkan ke bagian atas (tegak lurus dengan bidang datar), sehingga cahaya akan mengenai organ tanaman cabe, sehingga akan membuat pertumbuhan mikroorganisme parasit menjadi terhambat karena adanya cahaya Ultraviolet (UV) tersebut.
Baca juga artikel berikut ini: Manfaat Memberi Tiang Ajir dan Mulsa Pada Tanaman Cabe.

2. Siram Tanaman Cabe Secara Rutin

Rutinitas penyiraman tanaman cabe di saat musim kering sebaiknya memang harus dilakukan secara teratur, sehingga kelembaban tanah akan semakin terjaga. Gunakan saja air bersih secukupnya untuk menyiram tanaman cabe. 

Penyiraman tanaman cabe saat musim kering mutlak dilakukan, supaya nantinya tidak terjadi kegagalan panen, serta supaya tanaman tidak cepat mengalami krisis air yang tentu saja hal ini akan menyebabkan tanaman memiliki organ yang sangat kurus-kurus, terutama ini akan banyak terjadi pada organ batang dan akarnya, serta daunnya menjadi tipis, buahnya menjadi kurang berbobot.

Berikut ini salah satu foto dari jenis tanaman cabe dengan intensitas penyiraman bagus, hasilnya pun bagus.

Tanaman Cabai Berbuah Lebat Karena Penyiramannya Berkualitas
Tanaman Cabai Berbuah Lebat Karena Penyiramannya Berkualitas. Ichin Sembalun. Uploading by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Sebagai panduan dan langkah dalam penyiraman tanaman cabe, silakan anda baca secara lengkap panduan berikut, klik: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

3. Berikan Pupuk Organik Secukupnya

Pada saat musim kemarau, kebutuhan tanaman akan nutrisi hara sangat diperlukan dalam jumlah yang banyak, sehingga pemberian pupuk organik dari kotoran ternak sangat dianjurkan. Berikan pupuk dari kotoran ternak ayam/itik sebanyak dua genggam per tanaman. Lakukan pemberian pupuk ini bersamaan pada saat pendangiran dan penyiangan tanaman. Pemberian pupuk dilakukan dengan membenamkan pupuk  bersamaan dengan tanah yang telah dilakukan pendangiran di sekitar pusat tanaman tumbuh. Selanjutnya setelah pemberian pupuk, anda dapat melakukan penyiraman rutin sebanyak 2 kali dalam sehari (sesuaikan juga dengan kebutuhan). Jangan lupa baca juga: 5 Cara Efektif Agar Tanaman Cabe Subur dan Berbuah Gembel.


Artikel Terbaru

Tips Menanam dan Merawat Cabe Di Musim Kemarau (Kering)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

December 23, 2015 at 10:46 PM Delete

wah tambah banyak aja artikelnya mas wahid.. kalau boleh tau berapa banyak pengunjungnya dalam sehari mas?

Reply
avatar
December 24, 2015 at 7:01 AM Delete

Hello mas Wahyu. Thanks. Masih sedikit mas, belum nyampe target..hehe. Nominalnya gak usah disebutkan, malu. :D

Reply
avatar