Cara Mencegah Agar Buah PARE Tidak Diserang Lalat Buah Drosophila melanogaster

Hama dan penyakit pada tanaman seringkali menyebabkan hasil panen menurun, dan juga dapat menyebabkan kegagalan panen atau dapat juga menyebabkan kerusakan pada organ tanaman baik itu daun, akar, batang, bunga, maupun bagian tanaman terpenting lainnya. Beberapa jenis spesies hama yang sering menyerang pertanian holtikultura sayur mayur dan buah diantaranya adalah lalat buah Drosophila melanogaster yang acapkali menyerang tanaman buah pare pahit maupuan pare belut.

Tanaman pare merupakan jenis tanaman merambat karena tanaman ini juga masih digolongkan dalam satu marga dengan tanaman mentimun karena memiliki sulur yang dapat merambat pada batang maupun tiang-tiang pepohonan yang cukup tinggi.

Jika tanaman pare sudah tumbuh dewasa dan menghasilkan buah, biasanya ada saja jenis hama pertanian yang menyerang buah pare seperti lalat buah.

Seperti kita ketahui bersama bahwa lalat buah ini juga merupakan jenis serangga parasit yang tak hanya menyerang buah pare, akan tetapi buah pepaya, mangga, nangka, juga sangat rentan akan serangan dari hama lalat buah.

Buah Pare Pahit Dibrongsong Menggunakan Kantong Plastik
Buah Pare Pahit Dibrongsong Menggunakan Kantong Plastik, Foto Original By: Guruilmuan

Dampak dari buah pare di pohon yang terserang hama lalat buah biasanya struktur luar dan dalam buah akan rusak, sehingga hasil pertanian menurun. Selain itu, buah pare akan cepat membusuk dan mengeluarkan belatung-belatung kecil akibat pembusukan daging buah secara terus-menerus.

Jika lalat buah tidak segera dibasmi, maka populasinya akan terus bertambah dan akan membuat sebagian atau seluruh buah yang ditanam oleh petani menjadi terinfeksi air liur lalat buah tersebut dan pada akhirnya buahnya memiliki daya guna yang rendah.

Solusi untuk membasmi lalat buah adalah dengan membrongsong (menutupi buah pare dengan menggunakan kantong plastik yang diberikan lubang kecil-kecil dari jarum sehingga akan mempersulit lalat buah untuk masuk dan menginfeksi daging buah.

Bagi beberapa petani modern, mereka telah membuat alat khusus perangkap serangga dari jenis lalat buah. Dan hasilnya memang sangat mengejutkan, populasi lalat buah dapat dikurangi, sehingga produktivitas panen semakin meningkat dan menguntungkan.

Jangan lupa baca juga: Budidaya Pare Pahit Agar Cepat Berbuah Lebat. Semoga bermanfaat. Salam budidaya pertanian. Ayo berkebun, hijaukan lahan di sekitar tempat tinggal kita.

Artikel Terpopuler

Cara Mencegah Agar Buah PARE Tidak Diserang Lalat Buah Drosophila melanogaster
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar