Cara Membuang Tunas Aksiler Pada Tanaman Saat Perempelan

Perempelan merupakan kegiatan dalam pertanian yang dilakukan dengan membuang beberapa bagian tunas pucuk maupun tunas samping (tunas aksiler) pada beberapa jenis tanaman holtikulturan buah, sayur, maupun tanaman dari jenis bahan pokok pangan.

Beberapa jenis spesies tanaman budidaya memang ada yang memiliki waktu khusus untuk dilakukan perempelan dengan tujuan supaya nantinya tanaman akan menghasilkan produktivitas buah yang lebih optimal, selain itu akan meningkatkan produktivitas hasil panen secara memadai.

Jenis tanaman pertanian yang perlu waktu khsusus untuk lakukan praktek perempelan yakni tanaman cabai, kopi, nangka, rambutan, jambu air, dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Umumnya perempelan pada tunas aksiler maupun pucuk tunas batang dilakukan dengan cara mengambil 1-4 tunas liar yang berada paling bawah mendekati akar. Pada tanaman kopi misalnya, perempelan (pembuangan) tunas-tunas liar dilakukan dengan cara membuang tunas-tunas muda yang berada pada pangkal batang yang dekat dengan akar. Tujuan perempelan pada tanaman kopi adalah agar tanaman kopi cepat berbunga dan berbuah. Sedangkan pada buah nangka perempelan dilakukan dengan cara memotong/membuang tunas aksiler di samping pangkal batang (dirempel 1-2 tunas saja), dan pada tanaman buah rambutan, jambu air, maka perempelan cukup dengan memotong satu hingga dua tunas aksiler yang ada pada pangkal batang yang letaknya sekitar 1 meter dari akar tanaman.

Tananam Cabai Hijau Keriting Berbuah Lebat Akibat Dilakukan Perempelan
Tananam Cabai Hijau Keriting Berbuah Lebat Akibat Dilakukan Perempelan, Foto Original By: Guruilmuan
Dilansir dari situs website: books.google.co.id, pada tanaman cabai karena merupakan jenis tanaman yang memiliki waktu hidup singkat, maka perempelan dilakukan pada saat tanaman cabe berumur 7-20 hari sejak tanam awal. Perempelan tanaman cabe tersebut dengan cara mengambil 1 - 2 tunas samping (aksiler) di bawah ketiak batang pertama pada tanaman. Tujuan perempelan pada tanaman cabai supaya tanaman cabe lekas berbunga dan menghasilkan buah yang lebat. Jangan lupa baca juga: Cara Budidaya Cabai Merah Lado F1 Agar Berbuah Lebat

Masing-masing perempelan pada tanaman yang telah disebutkan di atas adalah ketika tanaman sudah akan memasuki musim buah dan dapat dilakukan 1-3 kali dalam setahun (sesuai kebutuhan), sehingga dengan perempelan tersebut akan dihasilkan proses pembuahan tanaman yang secepat mungkin dengan hasil buah yang optimal.

Demikian informasi tentang: Cara Membuang Tunas Aksiler Pada Tanaman Saat Perempelan. Semoga apa yang telah dijelaskan pada bagian di atas bermanfaat untuk kita semuanya. Mari berkebun, ayo hijaukan lahan di sekitar tempat tinggalmu.


Artikel Terpopuler

Cara Membuang Tunas Aksiler Pada Tanaman Saat Perempelan
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar