Berkebun, Alternatif Cara Untuk Mencegah Pemanasan Global (Global Warming)

Berkebun merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan. Dengan berkebun makan Anda akan memperoleh banyak manfaat. Segudang manfaat tersebut ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh sehingga seseorang akan lebih memungkinkan untuk terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang menyerang tubuh.

Senyum keceriaan bersama keluargan dan orang-orang tercinta saat berkebun merupakan ungkapan rasa syukur terhadap sang Maha Pencipta (Allah SWT), karena masih diberikan nikmat sehat dan nikmat bersilaturahmi.

Namun, selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata berkebun juga mempunyai efek positif sebagai penyumbang dalam mengatur kesehatan lingkungan hidup serta mencegah terjadinya pemanasan global (Global Warming).

Seperti diketahui oleh banyak kalangan, bahwa pemanasan global ini tentunya banyak menimbulkan kerusakan lingkungan, sehingga perlu diadakan penanganan lingkungan secara bersama, dikerjakan secara sistematis, dan melibatkan banyak pakar, serta melibatkan orang-orang yang berada pada basis lingkungan hidup.

Petani dan pekebun yang merupakan basis profesi yang berada pada jalan pelestarian lingkungan hidup tentu jasanya sangat dikenang. Pekebun dan petani seringkali mereka melakukan penanaman berbagai jenis tumbuhan budidaya, yang secara langsung sangat berperan dalam mencegah pemanasan global tersebut.

Untuk mencegah pemanasan global, maka ada beberapa hal yang harus dikerjakan seperti berkebun dengan menanami berbagai jenis tanaman sayuran dan buah yang semusim maupun yang tidak semusim, menanami daerah-daerah di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan berbagai jenis tanaman berumur pendek (sayuran) dan tanaman berumur panjang (terutama tanaman musiman dari kelompok tumbuhan dikotil yang umumnya memiliki perawakan tubuh yang tinggi).

Dengan melakukan kegiatan di atas, maka secara tidak langsung kita sudah melakukan kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Sehingga konteks dari pencegahan global warming tidak hanya dilakukan dengan cara menjaga hutan saja, akan tetapi berkebun juga terbukti ampuh dalam mencegah terjadinya efek global warming yang sangat membahayakan bagi kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia yang tinggal di bumi.

Semoga ulasan sederhana di atas dapat dipahami, bermanfaat, dan serta menjadi referensi bagi semua kalangan untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan hidup. Ingat berkebun dan bercocok tanam merupakan salah satu cara sederhana untuk mencegah pemanasan secara global ini. Ayo berkebun, ayo menanam.


Artikel Terpopuler

Berkebun, Alternatif Cara Untuk Mencegah Pemanasan Global (Global Warming)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar