Mengenal Varietas PADI IPB 3S, Produksi Capai 13,4 Ton

Kampus Negeri Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi meluncurkan varietas padi unggul IPB 3S guna membantu pihak pemerintah dalam mencegah krisis pangan. Padi merupakan produk pangan nasional yang sudah mendarahdaging bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain gaplek yang terbuat dari ketela pohon (singkong), padi merupakan makanan pokok yang telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Padi sendiri selalu dibudidaya oleh masyarakat petani guna memenuhi kebutuhan dalam negeri. Petani seringkali menggunakan beberapa varietas padi untuk dikembangbiakan di lahan pertanian miliknya, salah satunya adalah padi varietas IPB 3S yang akhir-akhir ini mulai gencar ditanam oleh sejumlah petani di dalam negeri.

UNTUK PEMESANAN PADI IPB 3 S, SILAKAN HUBUNGI SAYA LEWAT TELEPON/SMS/WA: 081272625203 (BAPAK WAHID PRIYONO). PAKET LANGSUNG DIKIRIM DARI KAMPUS INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB). TERIMAKASIH.INI BIBIT PADI IPB 3S YANG SAYA JUAL. BERATNYA 5 KG/BUNGKUS, DAN HARGANYA RP.130.000 (BELUM TERMASUK ONGKIR/ONGKOS KIRIM). INFO PRODUK PADI IPB 3S >> DIJUAL BENIH PADI IPB 3 S GENJAH. TERSEDIA RATUS KG BENIH PADI IPB 3 S.
benih padi IPB 3 S yang saya jual murah berkualitas dari kampus IPB langsung
benih padi IPB 3 S yang saya jual murah berkualitas dari kampus IPB langsung.


Padi (nama ilmiah: Oryza sativa) dengan varietas IPB 3S ini telah dirilis sejak tahun 2012 silam, dan hingga saat ini proses pengembangan padi ini terus dilakukan, bahkan seringkali dosen, mahasiswa, pihak pemerintah negeri dan swasta, kelompok tani, maupun masyarakat mulai melakukan penelitian-penelitian terhadap padi unggul jenis ini. Hingga saat ini, padi IPB 3S mampu memberi rekon muri yakni mencatatkan produktivitas 8,5 ton/hektar GKG (lebih tinggi 3 ton dari rata-rata beras biasa yaitu 5-6 ton GKG/hektar. Di tengah tantangan anomali cuaca yakni adanya El-Nino di musim kemarau, produktivitas hasil pertaniannya masih maksimal, dan selain itu, padi dari IPB 3S dan IPB 4S juga mempunyai efisiensi penggunaan Nitrogen (N) sebanyak 20% . Padi IPB 3S itu sendiri memiliki makna bahwa IPB adalah kampus yang menaungi proses penelitian dan pengembangan varietas tersebut, sementara itu, 3S menandakan varietas ketiga yang dirilis, dan kode huruf "S" bermakna "sawah". Kampus IPB Bogor juga merilis padi dengan kode huruf "R" khusus untuk ditanam pada lahan "rawa".

Menurut keterangan yang diperoleh dari Presiden Republik Indonesia, yakni Joko Widodo (melalui akun twitternya @jokowi), bahwa dengan varietas IPB 3S ini mampu memproduksi hasil panen sebanyak 13,4 ton/ha lahan.  Berikut ini foto mesranya presiden Jokowi bersama jajaran para perintis padi varietas dari kampus ternama ini.

"Varietas padi IPB 3S ditemukan Hajrial Aswidinnoor bisa 13,4 ton/ha. Dukung penemuan bibit unggul untuk petani -Jkw"

Padi IPB 3S dilaunching oleh presiden RI Joko Widodo
Komentar Joko Widodo, (Presiden RI) Soal Padi IPB 3S

Varietas padi IPB 3S ditemukan oleh Dr. Hajrial Aswidinnoor. Padi jenis IPB 3S ini mempunyai ciri-ciri khas dan keunggulan seperti:

1. Umur Tanaman Genjah Sekitar 112 Hari

Keunggulan dari padi varietas IPB 3S adalah umurnya lebih genjah (pendek) dibandingkan varietas biasa seperti Ciherang. Umur varietas padi ini adalah 112 hari. Selain daripada itu adalah batang tanamannya lebih besar dan nampak lebih segar. Apabila dilihat padi IPB 3S ini memiliki postur perawakan tubuh yang lebih tinggi daripada varietas padi pada umumnya.

2. Tanaman Tahan Terhadap Kekeringan

Padi dengan varietas IPB 3S ini termasuk jenis padi yang tidak manja. Pada beberapa jenis lahan seperti lahan tadah hujan, padi jenis ini mampu beradaptasi dengan baik pada lahan yang sedikit/semi basah, bahkan hingga lahan yang terlalu kering akibat musim kemarau yang terlalu panjang. Sifat dari padi IPB 3S ini tidak terlalu membutuhkan banyak air. Air yang ada dilahan tanam tidak perlu banyak cukup macak-macak (basah) saja, jadi tidak perlu selalu digenangi oleh banyak air. Sebaiknya untuk menanam padi IPB 3S dilakukan diawal musim penghujan menuju musim kemarau supaya potensi hasil panen menjadi tinggi.

3. Potensi Hasil Panen Sangat Tinggi

Varietas padi lain dalam sekali panen rata-rata hanya mencapai 7 - 10 ton/ha lahan, akan tetapi berbeda dengan varietas padi IPB 3S ini dalam satu kali panen perdana mampu memproduksi gabah kering sebanyak 11,2 - 13,4 ton/ha lahan, dengan rata-rata hasil panen capai 7 ton/ha lahan. Proses perawatan dan penanaman yang benar tentu menjadi kunci sukses dalam mencapai hasil panen yang tinggi tersebut. Kunci agar potensi panen padi IPB 3S adalah menanam 3-4 benih tiap satu lubang tanam, serta proses perawatan tanaman dan pemupukan yang tepat.

4. Tahan terhadap penyakit Tungro dan serangan hawar daun bakteri patotipe III

Untuk menyiasati tanaman padi IPB 3S agar tidak terserang hama dan penyakit pada tanaman, maka para petani dapat menempuh cara yaitu melalukan pemupukan yang berimbang, serta pengendalian hama dan penyakit secara terarah. Penyakit tungro umumnya disebabkan oleh dua jenis virus yang berbeda yaitu virus berbentuk batang Rice tungro bacilliform virus dan virus berbentuk bulat yakni Rice tungro spherical virus. Penyakit tungro ini juga terbukti mampu menghambat laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi, sehingga tak heran apabila banyak pada yang terserang penyakit tungro kemudian memiliki postur tubuh yang kerdil, serta pertumbuhan tanaman padi yang tidak serempak. Atau dapat dikatakan bahwa, penyakit tungro ini kerap menyerang tanaman yang masih dalam tahap pertumbuhan vegetatif.

5. Padi Varietas IPB 3S Cocok Ditanam Di Berbagai Jenis Lahan

Padi IPB 3S ini sangat bagus dibudidaya untuk para petani di dalam negeri. Padi varietas ini sangat cocok ditanam pada berbagai jenis lahan termasuk dilahan-lahan irigasi, tanah gambut berawa, lahan persawahan, dan lahan tadah hujan. Sementara itu, untuk syarat tumbuh dari padi ini adalah pada ketinggian lahan mulai dari 0 - 600 meter di bawah permukaan air laut.

6. Bentuk gabah agak medium (gendut)

Pada umumnya bentuk gabah pada padi jenis lain adalah langsing-langsing, namun untuk jenis padi varietas IPB 3S memiliki bentuk gabah agak medium (gendut). Terlihat bahwa gabahnya memiliki bobot yang cukup ideal, sehingga jelaslah bahwa produktivitas hasil pertanian padi dapat ditingkat hanya dengan mencoba membudidaya padi IPB 3S ini.


UNTUK PEMESANAN PADI IPB 3 S, SILAKAN HUBUNGI SAYA LEWAT TELEPON/SMS/WA: 081272625203 (BAPAK WAHID PRIYONO). PAKET LANGSUNG DIKIRIM DARI KAMPUS INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB). TERIMAKASIH.INI BIBIT PADI IPB 3S YANG SAYA JUAL. BERATNYA 5 KG/BUNGKUS, DAN HARGANYA RP.130.000 (BELUM TERMASUK ONGKIR/ONGKOS KIRIM). INFO PRODUK PADI IPB 3S >> DIJUAL BENIH PADI IPB 3 S GENJAH. TERSEDIA RATUS KG BENIH PADI IPB 3 S.

7. Jumlah gabah permalai di atas 300 butir

Umumnya pada ditanam pendek-pendek, anakan padinya banyak, akan tetapi malai atau sekumpulan bunga padinya hanya kisaran 160 - 200 buah. Dan untuk padi IPB 3S ini sendiri bisa satu tangkai berisi 300 - 400 butir malai. Bobot bulir padi lebih berat yakni 28 gram untuk tiap 1.000 biji, sedangkan pada pada umumnya hanya memiliki berat bulir sebanyak 26 gram tiap 1.000 biji.

8. Tekstur nasi pulen

Tekstur nasi dari varietas padi IPB 3S adalah pulen, jadi masyarakat yang sudah mencoba memasaknya mengatakan katanya nasinya lebih enak daripada ciherang. Kadar amilosa yang terkandung di dalam bulir beras ini juga sangat manis sehingga disukai oleh masyarakat.


Lahan Persawahan Yang Ditanami Padi Genjah Varietas IPB 3S
Lahan Persawahan Yang Ditanami Padi Genjah Varietas IPB 3S, Foto Original: guruilmuan.blogspot.co.id


Data dan Spesifikasi Lain Untuk Varietas Padi IPB 3S:
  • Nomor silsilah: IPB97-F-15-1-1
  • Golongan: cere
  • Umur tanam yakni 112 hari (lebih genjah dari beras biasa)
  • Asal persilangan genetika: IPB6-d-10s-1-1-1/Fatmawati
  • Bentuk tanaman dan posisi daun tumbuh tegak
  • Tinggi tanaman 118 cm
  • Warna batang dan kaki: Hijau
  • Anakan produktif: 7-11 batang
  • Permukaan daun kasar
  • Warna telinga dan lidah daun: Tidak berwarna
  • Posisi daun dan daun bendera: tegak
  • Bentuk gabah: medium (agak gemuk)
  • Warna gabah: Kuning jerami
  • Kerebahan tanaman: tahan
  • Kerontokan: sedang
  • Jumlah gabah total permalai 200 - 300 bulir
  • Rata-rata hasil panen: 7,04 ton/ha GKG
  • Potensi hasil panen optimal: 10,23 ton/ha GKG
  • Bobot untuk tiap 1.000 butir: 28,2 gram
  • Tekstur nasi pulen dan tidak benyek
  • Kandungan kadar amilosa: 21,6%
  • Ketahanan terhadap hama: Agak rentan terhadap hama wereng cokelat biotipe 1, 2, dan 3
  • Ketahanan terhadap penyakit: Tahan terhadap penyakit tungro, agak tahan terhadap penyakit blas ras 033, agak tahan terhadap HDB ras III.
  • Anjuran penanaman: Di lahan sawah, irigasi, dan tadah hujan (ketinggian lahan 0-600 mdpl)
  • Pemulia: Hajrial Aswidinnoor, Willy Bayuardi S, Yudiwanti WE Kusumo, dan Desta Wirnas
  • Peneliti: Sutardi, Toni Eka Putra, Titiek Ismaryati, Asep Suryana, Winda Halimah, Deni Hamdan Permana, Said Gatta, Sumiyati, Baehaki SE, dan Triny S. Kadir.
  • Teknisi: Adang, Jaenal, Jumisnan, Joko Mulyono, Suti'ah, Sulaeman, Rohana, Siti Nurmah, Iroh, Robiah, Odah.
  • Pengusul: kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Sementara itu, jenis padi-padi lainnya yang pernah dibuat oleh kampus IPB tersebut diantaranya adalah IPB Kapuas 7R (jenis padi rawa), IPB 4S (jenis padi sawah), IPB 3S (jenis padi sawah), IPB Batola 5R (jenis padi rawa), IPB Batola 6R (jenis padi rawa). Tentu dari masing-masing varietas padi unggul tersebut mempunyai ciri khas dan keuntungan/keunggulan masing-masing.

Demikian informasi tentang: "Mengenal Varietas Padi IPB 3S, Produksi Capai 13,4 Ton". Semoga apa yang telah disampaikan di atas bermanfaat untuk kita semuanya. Mari untuk teman-teman petani semuanya untuk memulai bertanam padinya dengan mencoba varietas padi unggul IPB 3S yang tidak kalah bagusnya dengan varietas padi lain. Salam budidaya, semoga sukses untuk pertanian yang saat ini dengan Anda kelola.

INFORMASI: UNTUK PEMESANAN PADI IPB 3 S, SILAKAN HUBUNGI SAYA LEWAT TELEPON/SMS/WA: 081272625203 (BAPAK WAHID PRIYONO). PAKET LANGSUNG DIKIRIM DARI KAMPUS INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB). TERIMAKASIH.INI BIBIT PADI IPB 3S YANG SAYA JUAL. BERATNYA 5 KG/BUNGKUS, DAN HARGANYA RP.130.000 (BELUM TERMASUK ONGKIR/ONGKOS KIRIM). INFO PRODUK PADI IPB 3S >> DIJUAL BENIH PADI IPB 3 S GENJAH. TERSEDIA RATUS KG BENIH PADI IPB 3 S. TERIMAKASIH.

Artikel Terbaru

Mengenal Varietas PADI IPB 3S, Produksi Capai 13,4 Ton
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

65 komentar

October 1, 2015 at 8:48 PM Delete

Keren, ternyata kampus-kampus di Indonesia makin kreatif, termasuk kampus IPB sudah mampu menciptakan varietas padi IPB 3S yang mudah-mudahan benar dapat mengurangi krisis pangan di dalam negeri, Indonesia.

Reply
avatar
October 8, 2015 at 5:02 PM Delete

Iya kampus memang memiliki tri dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Adanya varietas-varietas padi unggul yang ditemukan, tentu akan memberi kebermanfaatan bagi khalayak ramai, termasuk untuk membantu dalam mengurangi krisis pangan di masyarakat. Ayo budidaya dan mencoba padi IPB 3S.. keren loh.

Reply
avatar
October 12, 2015 at 9:13 AM Delete

salam pak wahid....
saya tertarik dengan bibit padi tersebut, apakah bibit padi tersebut sudah beredar luas dimasyarakat atau masih dalam tahap pengembangan?? Dimana memperoleh bibit padi tersebut pak??

Reply
avatar
October 12, 2015 at 5:53 PM Delete

Salam kenal juga untuk Anda, pak Jo. Untuk padi IPB 3S sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2012 hingga sekarang, dan saat ini sudah mulai beredar luas di masyarakat, sebab banyak masyarakat Indonesia yang mulai tertarik dan mencoba untuk menanam padi tersebut di lahan pertanian miliknya. Untuk memperoleh bibit padi IPB 3S memang untuk sementara ini hanya ada di tempat2 khusus yang telah bekerjasama dengan pihak pemilik hak paten (dalam hal ini kampus IPB), jadi pak Jo silakan bisa konsultasi/bertanya dan mendapatkan bibitnya di penangkaran-penangkaran bibit yang biasanya ada di Dinas Pertanian di masing-masing provinsi dimana tempat pak Jo tinggal atau bisa langsung datang ke kampus-kampus negeri di seluruh Indonesia yang terdapat fakultas pertanian untuk konsultasi (langsung menghadap dekan fakultas pertanian dari kampus yang bersangkutan) supaya pak Jo bisa konsultasi dan mendapatkan bibitnya. Biasanya di kampus-kampus bisa mengajak petani untuk bekerjasama dalam pembudidayaan padi. Sukses untuk pak Jo. Salam persahabatan.

Reply
avatar
November 4, 2015 at 9:53 PM Delete

Saya domisili di madiun....saya mau tanya dimana saya bisa beli benih pb 3s di sekitar madiun jatim

Reply
avatar
November 5, 2015 at 4:28 PM Delete

Silakan untuk mas Agus Priyanto untuk mengunjungi balai bibit tanaman di dinas pertanian di kabupaten Madiun (semoga sudah tersedia), sembari bisa berkonsultasi terlebih dahulu tentang varietas padi IPB 3S, sebab mereka banyak yang mengetahui soal penjualan padi ini. Saat ini, setau saya untuk bibit padi IPB 3S tidak terlalu banyak dijual secara kormesial, sehingga untuk mendapatkannya, perlu datang terlebih dahulu ke dinas pertanian setempat di daerah Anda tinggal. Terimakasih.

Reply
avatar
November 19, 2015 at 11:54 AM Delete

untuk daerah tasikmalaya sya hrus beuli d mna ya pak terimksh.
...

Reply
avatar
November 19, 2015 at 12:10 PM Delete

utuk darah tsikmalaya sya hrus beli bbtnya d mna ya pak...

Reply
avatar
November 19, 2015 at 12:12 PM Delete

untuk pupuknya apasaja dan berapakali untuk IPB 3S

Reply
avatar
November 20, 2015 at 5:13 AM Delete

Untuk daerah Tasikmalaya, dicoba dulu datang ke Dinas Pertanian di Daerah tempat Anda tinggal, biasanya bibit padi IPB 3S tersedia disana. Atau jika memungkinkan bisa langsung ke kampus IPB Bogor, bibit padi verietas IPB 3S banyak tersedia. Terimakasih.

Reply
avatar
November 20, 2015 at 5:27 AM Delete

(1). Adapun mengenai pupuk, varietas padi IPB-3S sebaiknya ditanam dengan pupuk Silika (SI) yang banyak beredar di pasaran. Dan sebaiknya untuk pembudidayaan tanaman padi IPB-3S harus mengurangi penggunaan pupuk Nitrogen supaya hasil panen optimal.
(2). Untuk berapakali penggunaan pupuk Silika (SI) bagi tanaman padi IPB-3S? Jawab: Karena tanaman padi IPB 3S berumur genjeh (112 hari-an), maka penggunaan pupuk dibagi dalam 2 periode, yakni periode 1 dilakukan pada saat tanaman padi berumur 1 bulan, dan pemupuk kedua (periode 2) sebaiknya dilakukan setelah tanaman berumur 2 bulan. Dan 20 hari menginjak panen sebaiknya hentikan segala aktivitas pemupukan. Demikian penjelasannya, mungkin ada rekan-rekan petani padi IPB 3S yang ingin menambahkan komentar saya ini?? Terimakasih.

Reply
avatar
December 17, 2015 at 4:12 PM Delete

untuk daerah lampung, dimana bisa mendapatkan IPB 3S ini pak?

Reply
avatar
December 18, 2015 at 6:50 AM Delete

Halo mbak Alifah,
Akhir-akhir ini memang padi IPB 3S memang sering menjadi incaran para petani di Nusantara, namun untuk pembelian bibitnya masih dalam pengawasan dan pengembangan, sepertinya bisa coba tanyakan dulu ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, yang beralamat di JLN.Hj.Zainal Abidin, Pagar Alam, No.01 Bandar Lampung. Terimakasih.

Reply
avatar
January 9, 2016 at 12:03 AM Delete

pak..contoh merek dagang pupuk silika....saya belum paham. terimaksih

Reply
avatar
January 9, 2016 at 7:20 AM Delete

Hallo Pak Mulyono, Salam kenal untuk anda.
Contoh merek dagang pupuk silika adalah Pupuk X-ZO yang merupakan formulasi dari Silika (Si) dan unsur Boron (B). Itu bagus pak untuk tanaman padi IPB 3 S. Silakan dicari di pasaran, mudah-mudahan di daerah bapak tinggal sudah tersedia.
Terimakasih.

Reply
avatar
January 11, 2016 at 11:12 AM Delete

slamat siang pak, untuk daerah Bali dimana bisa diperoleh bibit padi IPB 3S ? trimakasih

Reply
avatar
January 11, 2016 at 6:02 PM Delete

Hallo pak Wayan Darmasusila. Salam kenal untuk anda.
Sebenarnya untuk padi IPB 3S memang belum terjual bebas di pasaran (masih terbatas), akan tetapi bapak bisa mencobanya untuk bertanya langsung ke Dinas pertanian setempat (Dinas Pertanian di daerah BALI) terkait ketersedian benih padi IPB 3S ini. Biasanya pihak Dinas pertanian tersebut akan memberikan arahan terbaik baik untuk cara pembelian, dan lain sebagainya.
Terimakasih pak sudah mengajukan pertanyaan di kolom komentar ini.

Reply
avatar
January 11, 2016 at 6:04 PM Delete

Hnaya itu pak Wayan saran dari saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Reply
avatar
April 15, 2016 at 11:22 AM Delete

Bgaimana caranya utk membeli dan pengirimannya kalau saya membutuhkannya gabah IPB 3S yang saya dapat

Reply
avatar
April 19, 2016 at 5:37 AM Delete

Hallo mas Taridin Din, terima kasih atas kunjungan anda di blog guruilmuan, terkadang sangat susah menentukan dimana harus membeli padi IPB 3S mengingat bahwa jarang sekali toko bibit tanaman menjualnya, namun biasanya di DINAS PERTANIAN daerah anda tinggal kemungkinan mereka akan bisa membantu dan merekomendasikan tentang bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan bibit padi IPB 3S, terimakasih, semoga membantu.

Reply
avatar
May 3, 2016 at 5:41 PM Delete

Kalo pesen bibit daerah pasuruan jawatimur dimana pak?

Reply
avatar
May 3, 2016 at 5:42 PM Delete

Kalo pesen bibit daerah pasuruan jawatimur dimana pak?

Reply
avatar
May 4, 2016 at 5:48 PM Delete

Hallo saudara Viola nnp, salam kenal.
Untuk pemesanan bibit padi IPB 3S coba bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dinas pertanian di daerah setempat, agar mudah dalam memperolehnya. Sebab, biasanya dinas pertanian tersebut akan mempermudah dalam pembelian bibitnya, semoga membantu. Terima kasih.

Reply
avatar
September 21, 2016 at 10:44 AM Delete

Salam kenal Pak, saya nisa. Saya mau bertanya untuk pemupukan dengan pupuk X-ZO it sistem pemupukannya seperti apa yah? Seperti jumlah pupuk per hektar nya, terima kasih

Reply
avatar
October 2, 2016 at 6:35 PM Delete

mengapa padi IPB 3S perlu dipupuk Silika lebih dominan ?

Reply
avatar
October 2, 2016 at 6:41 PM Delete

maaf bapak W priyono,, saya baru memulai menanam padi jenis IPB 3S. awal tanam, sawah sangat kekurangan air karena buruknya sistem irigasi,, bahkan setengah lahan, padinya mulai menguning,, dan bahkan pendek, sedangkan setengah lainnya tumbuh normal. Alhamdulillah hujan tiba,seketika itu juga padi yang mulai menguning kami genjot dengan Pupuk NPK, dan UREA, hasilnya menakjubkan padi yang lambat dan hampir mati tersebut bertahan hidup dan bahkan mampu menyamai tinggi padi lainnya yang tumbuh normal.. kami senang dan selanjutnya kami akan tunggu pertumbuhan Malai dan melihat hasil produksinya ... Semoga memuaskan

Reply
avatar
October 3, 2016 at 1:18 PM Delete

Hallo bu Yuli..salam kenal untuk anda.... izin menjawab....Karena pupuk silika memberi banyak unsur hara bagi tanaman. Selain itu, pupuk silika (Si) dapat membantu mengurangi HPT seperti Thrips, Aphdis, Mites, dll.

Reply
avatar
October 19, 2016 at 7:18 AM Delete

saya berminat bibit ipb 3s sya dri daearah sulawesi tenggara,, apakah bisa pesan dikirm lwat via jasa pegiriman

Reply
avatar
October 26, 2016 at 6:31 AM Delete

Terimakasih atas sharing/diskusinya ibu Yuli Astutik... ditunggu inovasi dan kabar baik selanjutnya untuk tanaman padi IPB 3S yang telah ibu lakukan budidaya. Salam kenal ibu Yuli Astutik. -

Reply
avatar
October 26, 2016 at 6:34 AM Delete

Hallo pak, salam kenal untuk anda.
Mohon maaf, untuk sementara ini saya belum bisa menjual produk-produk pertanian termasuk benih padi IPB 3S. Tapi nanti insya Allah sudah tepat waktunya saya akan berjualan secara online untuk produk-produk pertanian dan mungkin saya akan kabarkan kepada bapak. Terimakasih pak atas komentarnya. Semoga hari anda menyenangkan !! Wahid.

Reply
avatar
November 6, 2016 at 3:45 AM Delete

Bisa minta contack person.fb.bbm.email mas wahid.thanks

Reply
avatar
November 6, 2016 at 7:00 AM Delete

Hallo pak, terimakasih. Saya sudah mencantumkan untuk kontak saya melalui laman di web saya tersebut, silakan cek disini pak >> http://guruilmuan.blogspot.co.id/p/contact.html . Silakan di cek pak. Atau bapak bisa kontak saya via email di: wahid.biyobe111@gmail.com

Reply
avatar
November 17, 2016 at 5:20 AM Delete

Hallo Sobat Irun Nisa.. Salam kenal juga untuk anda !
Mohon maaf, saya sendiri belum pernah mencoba/mengaplikasikan pupuk X-ZO, sehingga saya sendiri belum berani menjelaskannya kepada anda. Mohon dimaklumi, terimakasih.

Reply
avatar
March 13, 2017 at 9:14 PM Delete

Untuk wil kab.Siak (Riau) apa sudah ada di Balai pertanian Riau mas.

Reply
avatar
March 14, 2017 at 8:36 AM Delete

Hallo pak Nanang Sp. Salam kenal pak. Karena saya tidak tinggal di Riau, maka saya belum tahu lebih lanjut pak. Sebaiknya bapak bisa langsung berkunjung ke Balai Pertanian Riau, untuk info selengkapnya. terimakasih pak. semoga membantu.

Reply
avatar
March 22, 2017 at 10:55 PM Delete

Musim tanam kedua th ini Insyaallah tanam IPB 3S. Mohon bimbingannya

Reply
avatar
March 22, 2017 at 10:59 PM Delete

Insyaallah mt 2 th ini tanam ipb 3s. Mhn bimbingannya

Reply
avatar
March 23, 2017 at 6:59 PM Delete

Hallo mas Hunter.. salam kenal untuk anda. Iya pak, selamat menanam padi IPB 3S. Semoga sukses dan berhasil tanam/budidaya padi 3S nya. Terimakasih telah berkunjung.

Reply
avatar
March 23, 2017 at 7:01 PM Delete

oke mas Hunter Kenari Yogya...semoga berhasil tanam padi IPB 3S -nya...

Reply
avatar
April 14, 2017 at 11:27 PM Delete

Wilayah sumbawa NTB, belinya dimana. Kalau online pesannya dimana

Reply
avatar
April 18, 2017 at 7:25 AM Delete

Hallo pak Zulfakar Syaifullah... Bisa coba tanya terlebih dahulu ke dinas pertanian di daerah bapak. Saya ada rencana dalam waktu dekat ini saya mau bangun toko online pertanian di alamat website: http://toko.tipspetani.com/ . Salam kenal pak, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

Reply
avatar
May 22, 2017 at 1:06 PM Delete

saya tinggal d metro, (lampung tengah) di mana saya bisa dapat kan bibit ipb 3s,,,? trmksih

Reply
avatar
May 25, 2017 at 10:50 AM Delete This comment has been removed by the author.
avatar
January 6, 2018 at 8:27 PM Delete

Saya subagiyo ,saya tinggal di palembang kabupaten banyuasin, kecamatan air salek. Mau tanya, di mana saya bisa memesan/membeli bibit padi ipb 3s ?
Trmksh

Reply
avatar
January 6, 2018 at 8:32 PM Delete

Saya tinggal di palembang kabupaten banyuasin kecamatan air salek. Saya mau tanya, di mana saya bisa memesan/membeli bibit padi ipb 3s ?
Trmksh

Reply
avatar
January 10, 2018 at 5:44 AM Delete

Hallo pak Subagiyo. Salam kenal pak. Sebelumnya terimakasih telah mengunjungi website saya ini. Untuk pemesanan bibit padi IPB 3S silakan bisa tanya lewat nomor Hp/WA saya di >> 081272625203 . Nanti saya coba hubungi terlebih dahulu ke rekan saya yang kuliah di S2 Institut Pertanian Bogor/IPB terkait dengan benih padi IPB-3S nya masih tersedia atau tidak. Bisa dikonfirmasi ya pak. Terimakasih.

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:26 PM Delete

PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:27 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:28 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:28 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:29 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:29 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:30 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:30 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:30 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:31 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:31 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:32 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:32 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:33 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON terimkasih

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:34 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON silakan dipesan pak

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:35 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON terimaaksih. silakan dipesan pak

Reply
avatar
September 7, 2018 at 10:35 PM Delete

Assalamualaikum...informasi bahwa bibit padi IPB 3S-nya sekarang tersedia pak. Untuk PEMESANAN BIBIT PADI IPB 3S SILAKAN HUBUNGI/TELPON/WA BPK. WAHID PRIYONO (081272625203). SILAKAN CEK SPESIFIKASI PRODUK DI WEBSITE SAYA >> DIJUAL BIBIT PADI IPB 3S GENJAH HASIL PANEN 13,4 TON

Reply
avatar
November 28, 2018 at 10:10 AM Delete

Salam kenal pak saya mau tanyak untuk pengembangan penangkaran untuk wilayah jawa dimana saja

Reply
avatar
December 1, 2018 at 8:45 PM Delete

Untuk pengembangan padi IPB 3S di jawa salah satunya ada di jawa barat (kampus IPB)

Reply
avatar