Mengapa Penyiangan Gulma Penting Bagi Tanaman Pertanian yang Dibudidaya?

Gulma merupakan rumput-rumput liar yang terkadang tumbuh secara pesat di sekitar lahan tanam, sehingga kehadirannya sangat membahayakan bagi tanaman pokok yang ditanam. Sehingga gulma perlu disingkirkan dari lahan tanam dengan cara dilakukan penyiangan. 

Penyiangan merupakan kegiatan memberantas atau menghilangkan gulma dari lahan tanam. Tujuan penyiangan adalah agar lahan tanam terbebas dari gulma. Sebab, adanya gulma maka akan memungkinan terjadinya perebutan sumber nutrisi/unsur hara antara gulma dan tanaman pokok. Jika ini dibiarkan, maka peluang tanaman pokok akan mengalami defisiensi/kekurangan unsur hara tertentu. Bahkan cadangan air dan unsur hara di dalam tanah yang seharusnya dimanfaatkan oleh tanaman utama harus diambil oleh gulma. Maka, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

lahan tanam mentimun ditumbuhi gulma
lahan tanam mentimun ditumbuhi gulma


Petani umumnya melakukan penyiangan dengan cara mencabut gulma, atau mengoretnya menggunakan cangkul kecil/pencong. Gulma yang sudah dibersihkan kemudian dikumpulkan pada suatu tempat tertentu kemudian gulma dibakar. Tujuan pembakaran gulma adalah agar spora/biji-bijinya dapat lenyap ikut terbakar sehingga tidak berkecambah kembali. Semoga bermanfaat. Silakan baca juga: Cara Menanggulangi Gulma Liar Pada Tanaman Budidaya.

Artikel Terbaru

Mengapa Penyiangan Gulma Penting Bagi Tanaman Pertanian yang Dibudidaya?
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

3 komentar

October 18, 2020 at 10:26 PM Delete

Oh ternyata begitu ya pak guru, mengapa gulma atau rumput liar harus dicabut supaya tidak mengganggu tanaman induknya.😀

Reply
avatar
November 27, 2020 at 3:09 PM Delete

kakak saya yang kerja di pertanian juga pernah bilang kalo rumput atau gulma yang ada di sekitar tanaman nantinya berebut makanan, wajib buat dibersihkan

Reply
avatar
December 3, 2020 at 9:15 PM Delete

Gulma memang sebaiknya dicabut ya pak guru soalnya kalo ngga dicabut nanti tanamannya bisa terganggu. Kadang nanamnya padi, yang lebat malah gulmanya.🤣

Reply
avatar