Fungsi dan Tujuan Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman Pertanian

Penyiangan dan pendangiran merupakan dua kegiatan penting di bidang pertanian, khususnya ketika tanaman sudah dewasa dan meulai menghasilkan buah.

Para petani di Indonesia tentu saja tidak asing dengan kedua istilah di atas, sebab memang ini sering dilakukan oleh mereka terhadap tanaman di lahan mereka.

Penyiangan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh petani untuk melakukan pembersihan gulma (rumput liar) pada lahan tanam (bedengan). Biasanya jenis gulma yang dibersihkan yaitu gulma dengan tipe daun lebar dan gulma berdaun sempit. Tujuan dari kegiatan penyiangan ini yakni agar tanaman budidaya terbebas dari gulma yang akan mengambil unsur hara tanah serta air dalam jumlah banyak, sehingga tanaman utama yang ditanam akan kekurangan hara yang menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi lambat. Adapun untuk alat yang dipakai untuk penyiangan biasanya yaitu pencong, cangkul kecil, dan lain sebagainya.

Lahan tanam mentimun bongkor banyak rumput liar (gulma) sehingga perlu dilakukan penyiangan.

Sembari melakukan penyiangan, maka sebaiknya petani bisa sekaligus melakukan pendangiran pada lahan tanamnya. Pendangiran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh petani untuk menggemburkan tanah di area sekitar tanaman tumbuh. Tujuan dari kegiatan pendangiran ini yaitu agar memudahkan penyerapan air dan unsur hara dari dalam tanah ke bagian akar tanaman. Dengan begitu, maka laju pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman budidaya akan semakin baik. Adapun alat-alat untuk melakukan pendangiran yaitu cangkul kecil, atau alat pendangiran khusus yang banyak dijual di toko pertanian.

Tentunya, tidak boleh lalai bagi petani untuk tidak melakukan kegiatan pendangiran dan penyiangan pada tanaman. Karena produktivitas hasil panen yang baik tentu saja diikuti dengan perawatan tanaman yang baik pula. Semoga informasi sederhana ini berguna untuk rekan-rekan petani setanah air. Selamat bercocok tanam, sukses selalu !

Artikel Terbaru

Fungsi dan Tujuan Penyiangan dan Pendangiran Dalam Budidaya Tanaman Pertanian
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar