Manfaat, Fungsi, Peranan Mikroorganisme Tanah Bagi Kesuburan Tanah dan Tanaman

Mikroorganisme tanah merupakan jenis makhluk hidup mikro maupun makro yang tinggal di dalam tanah. Bentuknya bisa berupa bakteri aerob dan bakteri anaerob, fungi/cendawan, algae, maupun cacing tanah yang bertindak sebagai dekomposer dalam ekosistem alami.

Mikroorganis tanah ini sesungguhnya sangat bermanfaat bagi tanaman pertanian, karena sifatnya yang mampu membantu meningkatkan daya tumbuh tanaman. Cacing tanah misalnya, mampu membuat pori tanah semakin bagus, meningkatkan nilai aerasi tanah, meningkatkan kandungan hara dan oksigen terlarut di dalam tanah dan air. Sementara bakteri tanah juga peranan sangat vital bagi tanaman, yakni mampu membantu mengubah senyawa-senyawa kimia yang tidak mampu dilakukan oleh tumbuhan itu sendiri. Sebagai contoh bakteri Nitrogen yaitu Rhizobium leguminosarum yang mampu mengonversi unsur Nitrogen di alam menjadi senyawa lain yaitu amonium, nitrat dan nitrit.

Ganggang hijau atau dari golongan protista, fungi/cendawan juga bisa membantu meningkatkan kesuburan tanah. Karena jika fungi atau alga membusuk maka akan meninggalkan senyawa-senyawa dan unsur hara penting bagi tanah. Hal ini tentu saja akan meningkatkan value pada tanaman yang tumbuh pada lingkungan tanah tersebut. Sehingga efek dari hal ini yaitu tanah pertanian menjadi lebih subur sehingga mudah sekali tanaman tumbuh dan berkembang menghasilkan buah.

  pohon tomat rampai subur dengan pupuk kompos, (Wahid Priyono, S.Pd.)
pohon tomat rampai subur dengan pupuk kompos, (Wahid Priyono, S.Pd.)


Untuk mengundang mikroorganisme tanah agar terus hadir di tanah tempat kita bercocok tanam, maka petani harus sebisa mungkin menghindari penggunaan pupuk-pupuk kimia dalam skala besar. Selain efek buruk dari pupuk kimiawi yaitu tanah menjadi padat, juga mengusir sebagian besar organisme tanah untuk tinggal di tanah yang kaya senyawa kimia racun dari pupuk kimia. Gunakan pupuk kompos sebagai alternatif pupuk yang lebih ramah lingkungan tentu menjadi hal penting untuk melestarikan dan serta konservasi tanah secara komprehensif.

Artikel Terbaru

Manfaat, Fungsi, Peranan Mikroorganisme Tanah Bagi Kesuburan Tanah dan Tanaman
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar