Cara Memilih Mulsa yang Baik dan Benar untuk Pertanian (Mulsa Plastik dan Mulsa Organik)

Cara memilih mulsa yang baik dan benar untuk pertanian adalah sesuatu hal yang wajib diketahui oleh setiap petani. Mulsa adalah perangkat yang dibentangkan di sepanjang lahan bedengan. Baik itu mulsa organik dan mulsa organik bisa saja digunakan oleh petani.

Mulsa organik adalah mulsa yang diperoleh dari sisa-sisa jerami atau serat tanaman, termasuk sisa-sisa dedaunan yang tidak terpakai. Cara aplikasi mulsa organik sama dengan mulsa anorganik (mulsa plastik) yakni dengan cara dibentangkan di alur lahan bedengan. Bahan yang bisa digunakan sebagai mulsa organik misalnya jerami padi yang sering dilihat sebagai mulsa organik untuk budidaya semangka di lahan persawahan.

Tanaman Melon dibudidaya dengan Mulsa Plastik (Mulsa Anorganik)
Tanaman Melon dibudidaya dengan Mulsa Plastik (Mulsa Anorganik). (Wahid Priyono).

Mulsa anorganik yaitu jenis mulsa yang dibuat oleh pabrik dalam bentuk lembaran plastik. Aplikasinya yaitu dengan cara membuatkan lubang-lubang tanam di sepanjang mulsa, lalu dibentangkan di atas lahan bedengan. Kebanyakan petani menggunakan jenis mulsa ini karena juga memiliki manfaat yang tak jauh berbeda dengan mulsa organik. Mulsa organik banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau.

Jika ditawarkan untuk memilih jenis mulsa mana yang bagus dan baik untuk pertanian, maka kedua jenis mulsa di atas semuanya sama-sama bagus. Tinggal bagaimana petani yang menentukan sendiri dengan mempertimbangkan jenis tanaman yang hendak ditanam, serta alokasi dana yang dimiliki. Mulsa organik juga bagus untuk membantu mempertahankan kelembaban tanah, aerasi, dan juga membantu mengundang mikroorganisme tanah. Mikroorganisme tanah seperti cacing dan bakteri baik juga sangat penting dalam membantu menyuburkan tanah.

Mulsa anorganik terutama mulsa plastik berwarna perak juga bagus untuk mempertahankan pencucian unsur hara dari air hujan. Mulsa plastik ini mampu mengusir hama dengan cara memantulkan cahaya matahari yang mengenai permukaan mulsa ke bagian atas organ tanaman. Jadi untuk menggunakan mulsa organik dan anorganik tentu disesuaikan juga dengan kebutuhan yang diinginkan. Silakan pelajari juga: Nutrisi Tanaman Cabai (Agar Tanaman Cabai Cepat Berbuah Lebat).

Artikel Terbaru

Cara Memilih Mulsa yang Baik dan Benar untuk Pertanian (Mulsa Plastik dan Mulsa Organik)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar