Macam-Macam Unsur Hara Makro dan Unsur Hara Mikro yang Dibutuhkan Tanaman

Berbagai macam penelitian tentang unsur hara telah dilakukan oleh petani dan beberapa mahasiswa di perguruan tinggi. Unsur hara memegang peranan penting dalam tumbuh kembang tanaman pertanian pada lahan yang disediakan. Laju pertumbuhan tanaman sangat ditentukan oleh unsur hara makro dan unsur hara mikro. Namun, untuk mendapatkan tanaman yang kualitas bagus, maka keseimbangan unsur hara penting diperhatikan. Unsur hara yang dimaksud yakni unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Unsur hara makro yaitu unsur hara yang digunakan oleh tumbuhan dalam jumlah besar. Contoh dan macamnya unsur hara makro yakni: Unsur Carbon (C), Hidrogen (H), Nitrogen (N), dan Oksigen (O).

Tanaman Melon Tumbuh Subur dengan Buah Besar-Besar.
Tanaman Melon Tumbuh Subur dengan Buah Besar-Besar. (Wahid Priyono, S.Pd.)


Sementara itu, untuk unsur hara mikro yaitu unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah kecil. Contohnya adalah unsur Calcium (C), Kalium (K), Magnesium (Mg), Selenium (Se), Besi (Fe), dan lain sebagainya.

Unsur hara makro dan mikro begitu penting bagi tanaman, sehingga apabila tanaman kekurangan unsur hara tertentu, maka tanaman akan mengalami defisiensi (kekahatan) unsur hara. Oleh sebab itu, penting sekali bagi para petani untuk memilih pupuk yang mengandung unsur hara sesuai dengan kebutuhan tanaman per usia tanam. Artinya, tidaklah mungkin memberikan pupuk kimia dengan dosis tinggi pada tanaman cabai yang masih berumur di bawah 10 hst. Sebab, pada umur tersebut, tanaman cabe sedang dalam masa penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya (adaptasi). Silakan bapak/ibu tani baca juga artikel berikut ini: Kualitas Tanah yang Diharapkan oleh Tumbuhan (Tanaman Pertanian).

Artikel Terbaru

Macam-Macam Unsur Hara Makro dan Unsur Hara Mikro yang Dibutuhkan Tanaman
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar