Cara Menghilangkan Penyakit Karat Daun pada Tanaman Anggur

Penyakit karat daun tidak hanya menyerang pada tanaman kopi, jagung, seledri saja, akan tetapi pada tanaman anggur pun bisa saja terserang karat daun. Penyakit karat daun pada tanaman anggur memang cukup sulit ditangani meskipun terkadang petani lebih memilih menggunakan pestisida khusus penanganan karat daun tersebut. Namun, akhir-akhir ini saya menemukan cara praktis untuk menangani dan mencegah penyakit karat daun pada tanaman anggur yaitu menggunakan biopestisida dari daun kipahit.

Larutan Biopestisida dari Daun Kipahit (Dibuat Oleh Wahid Priyono)
Larutan Biopestisida dari Daun Kipahit (Dibuat Oleh Wahid Priyono)

Tumbuhan kipahit banyak sekali tumbuh di Indonesia, dan hampir semua provinsi/daerah banyak sekali tumbuh tanaman ini. Di Lampung, tempat saya tinggal banyak sekali ditemukan tanaman kipahit ini. Dan saya sendiri sudah mencoba membuat biopestisida dari daun kipahit dan bagus sekali untuk memberantas penyakit karat daun pada anggur.

Daun Kipahit
Daun Kipahit (Photo Oleh Wahid Priyono)

Adapun langkah-langkah/cara/teknik/metode dalam pembuatan biopestisida kipahit untuk penanganan karat daun pada anggur adalah sebagai berikut:

  • Ambil 5-7 genggam daun kipahit, lalu tumbuk secara halus;
  • Setelah daunnya halus, maka selanjutnya campur dengan 1 liter air, aduk secara merata, lalu saring untuk memisahkan daun-daunnya (hanya diambil airnya saja);
  • Masukan larutan yang sudah jadi tersebut ke dalam botol aqua bekas ukuran 500 ml, lalu tutup rapat;
  • Kemudian simpan larutan pada botol tersebut selama 5-7 hari untuk proses fermentasi;
  • Setelah 5-7 hari penyimpanan, maka buka larutan dan bisa dipakai;
  • Cara pemakaian/aplikasinya yakni dengan disemprotkan pada tanaman anggur yang terserang karat daun secara rutin pagi dan sore hari;
  • Lihat perkembangannya selama aplikasi lebih dari 3 hari;
  • Saya sendiri sudah berhasil menggunakannya dan tanaman anggur saya terbebas dari penyakit karat daun, sekarang giliran anda ya bapak/ibu/ramaja tani.
  • Semoga berhasil.
Itulah tadi sobat cara pembuatan biopestisida untuk menghilangkan/menangani penyakit karat daun pada tanaman anggur. Semoga bermanfaat untuk kita semua rekan-rekan petani di Indonesia. Silakan anda baca juga artikel: Cara Menanam Palawija Jenis Kacang-Kacangan untuk Penyuburan Tanah.

Artikel Terbaru

Cara Menghilangkan Penyakit Karat Daun pada Tanaman Anggur
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar