Simbiosis Bakteri Rhizobium leguminosarum dengan Bintil Akar Tanaman Legum (Kacang-Kacangan)

Di era pertanian tipe modern, sistem pertanian kini semakin membaik berkat jasa agen bakteri yang memiliki multifungsi secara biologis. Seperti halnya pada bakteri Rhizobium leguminosarum sangat bagus dalam membantu meningkatkan kesuburan tanah/lahan pertanian sehingga tanaman yang dibudidaya di atas tanah tersebut akan tumbuh subur, serta berkembang secara baik.

Pembudidayaan Tanaman Kacang Tunggak Bagus untuk Mengundang bakteri Rhizobium leguminosarum
Pembudidayaan Tanaman Kacang Tunggak Bagus untuk Mengundang bakteri Rhizobium leguminosarum (Photo Original by: Wahid Priyono)

Perlu diketahui bersama bahwa bakteri Rhizobium leguminosarum ini adalah jenis bakteri baik dan banyak dimanfaatkan perannya dalam pertanian. Rhizobium leguminosarum di alam sebagai bakteri simbiotik yang mampu memfiksasi nitrogen (N2) bebas di atmosfer dengan perantara bintil akar tanaman kacang-kacangan (leguminoceae).

Pembudidayaan tanaman kacang-kacangan adalah hal yang perlu dilakukan untuk mengundang mikroba tanah ini. Sehingga keberadaan bakteri Rhizobium sp ini akan terus membantu dalam peningkatan fungsi fisik tanah agar terus tersuplai unsur hara yang mendudukinya. Selanjutnya anda silakan mempelajari 8 Manfaat Bakteri Rhizobium leguminosarum dalam Dunia Pertanian.

Artikel Terbaru

Simbiosis Bakteri Rhizobium leguminosarum dengan Bintil Akar Tanaman Legum (Kacang-Kacangan)
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar