Manfaat/Peran/Fungsi/Kegunaan Bakteri Bacillus thuringiensis

Bakteri Bacillus thuringiensis banyak sekali dimanfaatkan sebagai agen hayati di berbagai bidang kehidupan. Namun, terutama dalam bidang pertanian, bakteri Bacillus Thuringiensis difungsikan untuk memberantas hama pertanian yang bersifat patogen atau menimbulkan penyakit. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka tanaman akan terserang hama yang berujung pada menurunnya produktivitas panen.

Dalam membunuh hama pertanian, bakteri Bacillus thuringiensis paling sering dipakai oleh petani yang sudah menerapkan sistem pertanian modern. Di pasaran sudah cukup banyak produk hasil kristalisasi bakteri Bacillus thuringiensis yang sering disingkat kristal BT.

Tanaman jagung berbuah optimal, daunnya terbebas dari hama/ulat. (tipspetani.com)


Aplikasi penggunaannya cukup mudah. Kristal BT dilarutkan ke dalam air bersih yang tidak terkontaminasi oleh bakteri/zat polutan. Setelah itu diaduk sampai menjadi larutan BT, baru setelah itu dimasukan dalam tangki penyemprotan. Lakukan penyemprotan pada tanaman yang terserang hama pertanian. Larutan kristal BT ini akan dimakan oleh ulat atau hama sejenis lainnya. Begitu kristal BT tertelan di dalam lambung hama tersebut, maka lambung hama/ulat akan terinfeksi bakteri BT, kemudian hama/ulat mengalami dehidrasi. Silakan baca juga: Ruang lingkup dan pentingnya mikrobiologi tanah.

Setelah hama/ulat dehidrasi biasanya akan diikuti dengan kematian. Dan keuntungan/manfaat paling nyata dari pemberian kristal BT adalah dapat mematikan hama secara massal atau sekaligus dalam jumlah yang banyak/besar. Untuk lahan yang luas atau berhektar-hektar tentu saja membutuhkan sejumlah kristal BT dalam jumlah yang cukup, sesuaikan saja dengan luas lahan yang anda miliki.

Di pasaran/toko pertanian modern biasanya menyediakan kristal BT, dan sebagian besar lainnya memang kristal BT tidak diperjualakan secara legal. Hanya dinas pertanian yang memiliki izin pakai sesuai prosedur hukum yang berlaku. Silakan baca juga: Bakteri Bacillus thurungiensis, Agen Biopestisida Pemberantas Hama Pertanian.


Artikel Terbaru

Manfaat/Peran/Fungsi/Kegunaan Bakteri Bacillus thuringiensis
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar