Cara Mengatasi Tanaman Cabe yang Terkena Layu Fusarium

Para petani cabe seringkali mengalami ketidakstabilan dalam penanaman cabe. Terkadang produksi buah menurun karena berbagai jenis hama dan penyakit yang menyertainya. Salah satu jenis penyakit pada tanaman cabe yaitu layu fusarium. Silakan baca juga: Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Tomat dan Cabe Hortikultura serta Penanganannya.

Tanaman Cabe Merah Berbuah Lebat Tanpa Terkena Layu Fusarium. Photo Original by: Wahid Priyono, S.Pd. (admin tipspetani.com)

Layu pada tanaman cabe bisa disebabkan oleh jamur Fusarium sp. Jamur ini biasanya akan muncul karena pengolahan pupuk kandang yang tidak melalui proses fermentasi. Cara untuk mencegahnya, anda bisa membeli jamur Tricoderma yang dijual di pasaran (di toko pertanian). Harga jamur tricoderma memang agak mahal, tapi anda membuatnya sendiri, sebab teknik/caranya sangat gampang dan pasti anda bisa membuatnya.

Cukup anda siapkan nasi yang mau busuk atau sudah semalaman. Kemudian masukkan nasi tersebut pada belahan bambu yang masih hijau (di ruasnya) kemudian ikat sampai rapat. Selanjutnya timbun di tanah yang subur, dan tunggu sampai satu minggu. Jika sudah muncul jamur seperti jamur tempe, maka jamur itu siap disemprotkan pada tanah, pupuk kandang. Lalu setelah itu aplikasikan pada tanaman yang terkena layu fusarium tersebut. Mudah-mudahan setelah satu pekan aplikasi, hasil tanaman cabe tidak layu lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Silakan baca juga: Cara Mengatasi Daun Pepaya Menguning Karena Hama dan Penyakit.

Artikel Terbaru

Cara Mengatasi Tanaman Cabe yang Terkena Layu Fusarium
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar

2 komentar

February 24, 2018 at 9:02 PM Delete

maaf sy mau tnya
jika bibit cabe umur 7hri mulai tanam kok merata mati
matinya mulai dari akar bawah seperti gosong

mohon solusinya

Reply
avatar
February 27, 2018 at 7:56 PM Delete

Hallo pak Rizki adam salam kenal. Menurut pengamatan saya bapak pernah menggunakan pupuk kimia saat tanaman cabe masih berumur 7hst. Saran saya pak sebaiknya hindari tanaman cabai dipupuk kimia pada umur di bawah 20 hst. Sebab, akar tanaman sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Saran: sebaiknya gunakan pupuk organik/pupuk kandang terlebih dahulu saat umur 7hst.

Reply
avatar