Manfaat Pupuk Organik Dari Jerami Padi untuk Tanaman Budidaya

Bakaran jerami padi ternyata mampu dijadikan sebagai pupuk organik. Seperti diketahui bersama bahwa pupuk organik memiliki banyak manfaat bagi tanaman budidaya. Dan memang banyak sekali kandungan unsur hara makro dan mikro. Unsur hara makro misalnya Mg, Ca, Nitrogen, dan yang lainnya. Sementara itu, mikro nutrien yaitu suatu unsur hara yang dibutuhkan pada tanaman dalam jumlah kecil.

Bakaran jerami padi biasanya banyak dibuang sembarangan pada saat seorang petani selesai memanen padinya. Dan kandungan dari pupuk dari bakaran jerami padi umumnya adalah senyawa karbon.

Cara pembuatan pupuk jerami padi ini cukup gampang, bisa dari pembakaran jerami padi atau dari sisa-sisa jerami pada yang dibiarkan beberapa waktu sampai menghasilkan serat-serat yang memudar.

Pupuk Organik dari Jerami Padi yang Dibiarkan Dipinggir Sawah
Pupuk Organik dari Jerami Padi yang Dibiarkan Dipinggir Sawah. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan)


Pengaplikasian pupuk jerami padi ini bisa ditaburkan di atas tanah dimana tanaman itu tumbuh. Lalu dibiarkan beberapa waktu dengan menambahkan pupuk organik lainnya yaitu kompos, pupuk kandang dan atau pupuk sejenisnya.

Kacang Tunggak Hasilnya Maksimal (Subur) dengan Pupuk Jerami Padi. Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia)


Pengalaman saya pribadi bahwa dengan menggunakan pupuk jerami padi, maka hasil tanam sayur-sayur (kacang tunggak) dan buah tomat saya lebih meningkat produksinya. Silakan giliran anda yang mencobanya. Semoga berhasil. Silakan baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Buah Mentimun yang Ukuran Buahnya Kecil-Kecil.


Artikel Terbaru

Manfaat Pupuk Organik Dari Jerami Padi untuk Tanaman Budidaya
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar