Kapan Waktu Pemindahan Bibit Cabe Yang Paling Tepat dan Benar

Penyemaian bibit cabe merupakan langkah kedua setelah menentukan varietas/jenis bibit cabe apa yang hendak dibudidaya. Bibit-bibit cabe dari benih/biji dapat dibeli langsung dari toko penjualan khusus bibit tanaman hortikultur. Selain itu, bibit tanam juga dapat diperoleh langsung dari hasil panen buah cabai yang telah matang, kemudian diambil biji dan dikeringkan pada sinar matahari dengan frekuensi pencahayaan tertentu.

Penyemaian bibit dilakukan setelah lahan semai dibuat. Membuat lahan semai cabai dapat ditentukan dengan melakukan perbandingan jumlah/banyaknya bibit cabai yang hendak disemai. Sebaiknya buat lahan semai berbentuk seperti bedengan atau sejenisnya.

Setelah bedengan dibuat, maka sebaiknya hal yang tidak boleh terlewatkan yakni dengan memberikan campuran tanah liat halus dan kotoran hewan ternak di atas lahan semai, barulah setelah itu sebarkan secara acak (random) biji-biji cabe secara alamiah saja, dan terakhir adalah melakukan penyiraman rutin pada waktu pagi maupun sore hari setelah sholat ashar.

Bibit Cabe Siap Dipindahkan Dilahan Tanam (Bedengan)
Bibit Cabe Siap Dipindahkan Dilahan Tanam (Bedengan). Foto Oleh: KPCI.

Biasanya biji-biji cabe/bibit tersebut akan tumbuh bertunas (berkecambah) di atas umur 4 hari. Dan pada saat itulah perawatan tanaman cabe muda yang baru tumbuh harus dilakukan secara intensif dan jangan asal-asalan/sembarangan.

Perawatan dapat meliputi berbagai hal seperti terus memantau tinggi tanaman, terbentukanya organ akar, batang, dna tunas muda/plunulanya. Selain daripada itu, lakukan pula pemantauan tanaman bibit dari kemungkinan peluangnya terserang hama dan penyakit. Perawatan semacam ini harus di lakukan hingga tanaman cabe muda berumur 20 hari.

Setelah berumur 20 hari benih yang berhasil disemai dapat ditanam langsung di lahan bedengan bermulsa, atau dapat juga dilakukan penanaman di pot wadah polybag, sesuaikan saja dengan kebutuhan lahan pertanian anda.

Selama penanaman, bibit tanam yang ditanam di lahan terbuka seperti di bedengan di sawah/daerah perkebunan juga sebaiknya mendapatkan intensitas cahaya cukup sepanjang hari. Daerah penanaman juga harus aman dari kemungkinan gangguan keamanan sosial  dari hewan-hewan ternak herbivor.

Setelah penanaman/pemindahan bibit cabe di lahan terbuka (di atas umur 20 hari sangat dianjurkan oleh petani cabe profesional), maka langkah selanjutnya adalah tetap melakukan perawatan tanaman cabe hingga tumbuh dewasa dan menghasilkan buah yang siap dipetik pada saat prosesi panen nantinya.

Pemanenan biasanya dilakukan pada saat umur cabe berumur di atas 4 bulan. Namun tidak ada waktu yang pasti, namun setidaknya cara perawatan yang baik dan benar juga akan menentukan seberapa cepat dan kualitas buah cabe yang dipanen kelak.

Anda juga sebenarnya dapat menggunakan teknik penyemaian cabe dengan teknik steril pro, yang biasanya biji akan mulai berkecambah pada umur di atas 4 hari. Setelah umur 4 hari dapat langsung dipindahkan di wadah polybag kecil transparan, lalu biarkan supaya benih tumbuh dan berkembang selama 24 hari, dan setelah itu barulah dapat anda pindahkan/ditanam di lahan terbuka (lahan bedengan bermulsa/bedengan tanpa mulsa). Baca juga: Definisi Sistem Pendangiran dan Penyiangan Pada Tanaman Budidaya Hortikultur.

Artikel Terbaru

Kapan Waktu Pemindahan Bibit Cabe Yang Paling Tepat dan Benar
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar