Pencemaran Air, Pencemaran Tanah Oleh Senyawa Kimia Pestisida

Dalam dunia pertanian saat ini, penggunaan senyawa kimia pestisida semakin marak, dan tentu saja hal ini dapat membahayakan bagi lingkungan sekitar, khususnya bagi keseimbangan ekosistem di alam.

Senyawa kimia pestisida yang masuk dan terakumulasi di dalam tanah ternyata bisa menyebabkan pencemaran air dan tanah, sehingga akan memberikan dampak buruk bagi keseimbangan lingkungan.

Pencemaran merupakan masuknya senyawa kimia berbahaya dan beracun yang menimbulkan efek buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya.

Pohon Semangka Organik, Tanpa Menggunakan Pestisida
Pohon Semangka Organik, Tanpa Menggunakan Pestisida. Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan Indonesia).

Pencemaran air oleh senyawa kimia pestisida dapat memberikan dampak seperti; air menjadi lebih keruh, hewan-hewan di perairan (termasuk ikan kecil) ikut mati, serta bisa menyebabkan terjadinya keracunan pada tumbuhan air.

Sementara itu, pencemaran tanah oleh senyawa kimia pestisida tentu saja dapat berdampak pada permasalahan lingkungan, seperti tanah pertanian menjadi lebih tandus, sulit diolah kembali, tingkatan humus dan hara berkurang, unsur hara menjadi lebih sedikit, struktur tanah menjadi rusak, tanah menjadi tidak subur, dan lain sebagainya.

Selain penceraman air dan tanah, ada juga dampak negatif penggunaan pestisida yaitu misalnya jika senyawa kimia pestisida masuk dan terakumulasi ke dalam daging buah dan sayur mayur, maka akan memberi dampak buruk bagi kesehatan manusia yang mengonsumsinya. Contohnya, senyawa kimia DDT yang terkandung di dalam pestisida bisa berakibat manusia mengalami mutasi gen dan kromosom, sehingga susunan basa nitrogen menjadi tidak semestinya dan bisa menyebabkan kanker, penyakit sindrom, dll.

Melihat dampak buruk dari pencemaran air dan pencemaran tanah oleh senyawa kimia pestisida, maka alangkah baiknya dalam membudidaya tanaman pertanian untuk selalu berhati-hati dan tidak berlebihan dalam penggunaan pestisida. Gunakan secukupnya saja jika diperlukan, dan alangkah baiknya beranjak ke sistem pertanian organik yang meminimalisir dan bahkan tidak menggunakan senyawa kimia pestisida dan obat-obat pertanian dalam kegiatan pertanian.

Semoga informasi sederhana ini bermanfaat bagi anda. Silakan klik dan baca juga: 8 Dampak Buruk Penggunaan Pestisida Terhadap Kesehatan Manusia dan Lingkungan.

Artikel Terbaru

Pencemaran Air, Pencemaran Tanah Oleh Senyawa Kimia Pestisida
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar