Pemberian Unsur Hara Pada Tanaman Cabe Agar Lebih Cepat Berbuah Lebat

Supaya pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe lebih optimal, maka unsur hara/nutrisi dan air perlu diberikan pada tanaman cabe.

Siramlah secara teratur tanaman cabe yang sedang dalam masa pertumbuhan, terutama pada bibit tanam yang baru saja disemai atau dipindahkan ke wadah polybag dan di lahan bedengan. Penyiraman sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari menjelang waktu petang.

Pupuk Dari Kotoran Ternak Sapi
Pupuk Dari Kotoran Ternak Sapi. Photo Original by: Wahid Priyono (Guru Ilmuan).

Penyiraman merupakan salah satu langkah dalam perawatan tanaman cabe, dan sebaiknya gunakan air bersih pada waktu penyiraman tanaman cabe, air harus bersih dan terbebas dari bahan pencemar seperti polutan cair, pestisida, dan senyawa kimia berbahaya lainnya. Baca panduan selengkapnya: Cara Penyiraman Tanaman Cabe yang Baik dan Benar.

Nutrisi hara yang penting diberikan oleh tanaman cabe seperti pupuk kandang dari kotoran ternak yang telah difermentasikan/dikeringkan, atau dapat menggunakan larutan pupuk phonska cair yang terbukti telah mampu mendongkrak hasil panen cabe supaya lebih gembel (lebat). Cara pembuatan larutan pupuk phonska cair, silakan baca juga: Cara Pembuatan Larutan Pupuk Phonska Cair untuk Tanaman Cabe.

Pemberian nutrisi hara ini harus dilakukan secara teratur disesuaikan juga dengan umur tanam, dan jenis tanah di lokasi penanaman. Baca: 4 Nutrisi Organik Untuk Tanaman Cabe Agar Cepat Berbuah Banyak.

Artikel Terbaru

Pemberian Unsur Hara Pada Tanaman Cabe Agar Lebih Cepat Berbuah Lebat
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar