Penyebab dan Cara Mengatasi BUNGA RONTOK Pada Tanaman Dikotil

Kerontokan pada bunga menjadi hal umum dan ini merupakan proses fisiologis pada tanaman. Pada tanaman berbiji keping dua (dikotil), umumnya kerontokan pada bunga yang merupakan organ reproduktif lebih disebabkan karena banyak faktor, hal yang paling umum adalah karena tanaman tersebut mengalami defisiensi (kekurangan) unsur hara tertentu.

Selain kekurangan unsur hara, faktor lain yang mendukung dalam kerontokan bunga pada tumbuhan dikotil yakni proses penyiraman tanaman yang kurang optimal, atau karena faktor dalam seperti hormon, serta kompleksitas tanaman dalam menghasilkan enzim sangat kurang, terlebih bahwa fitohormon sangat berperan penting baik dalam proses pembentukan bunga serta menjadikan bunga secara biologis mampu melakukan proses fertilisasi menghasilkan bakal buah.

Tanaman Jeruk Berbuah Lebat Karena Berasal Dari Bunga Yang Produktif
Tanaman Jeruk Berbuah Lebat Karena Berasal Dari Bunga Yang Produktif, Photo Original by: Wahid Priyono (Guruilmuan Indonesia).

Kerontokan pada bunga sangat memberi kerugian terutama bagi para petani/pekebun hortikultur buah, yang memang sehari-harinya mereka telah merawat tanaman hingga berharap tanaman budidayanya dapat memberikan hasil terbaiknya.

Adanya peristiwa kerontokan pada bunga juga memberi peluang kecil bagi tanaman untuk menghasilkan buah yang pada dasarnya organ buah inilah yang akan menjadi hasil panen dan siap dijual di pasaran atau toko supermarket/toko buah-buahan.

1. Penyebab Kerontokan Bunga Pada Tanaman

dari kerontokan bunga pada tanaman yakni diantaranya:

  • Tanaman mengalami defisiensi/kekurangan unsur hara seperti Seng (Zn), Nitrogen (N), Kalium (K), Kalsium (Ca), serta unsur Magnesium (Mg). Dari kelima unsure hara tersebut sangat penting sebagai landasan pokok supaya tanaman tidak terjangkit kerontokan bunga;
  • Tidak teraturnya frekuensi penyiraman pada tanaman. Hal ini tentu saja dapat membuat tanaman mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang buruk, karena sebaiknya pada masa pertumbuhan mulai dari perkecambahan biji, hingga tanaman mulai menghasilkan bunga, maka penyiraman tanaman menjadi hal prioritas yang tak boleh terlewatkan. Gunakan air bersih untuk penyiraman, dan biasanya penyiraman dapat sesekali dilakukan jika tanaman memang sudah tumbuh dewasa dan dirasa sudah mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungannya tersebut;
  • Kerontokan pada bunga tanaman disebabkan karena faktor hormonal, jadi tanaman kekurangan fitohormon penting yakni hormon giberelin dan sitokinin. Seperti diketahui bersama bahwa kedua hormon tumbuh tersebut (giberelin dan sitokinin) sangat berperan penting dalam pembentukan bunga pada tanaman, menjaga turgor sel pada daerah meristematik di organ bunga muda, serta memberi kekokohan pada tangkai bunga agar tidak mudah rontok;
  • Gangguan hama dan serangga juga bisa menjadi penyebab mengapa bunga menjadi rontok. Adakalanya semut, ulat bulu, ulat pemotong batang, dan serangga/insekta lainnya terkadang sangat jahil dan merusak pada bagian organ bunga dengan cara memotong pada bagian tangkai bunganya. 
2. Cara Mencegah/Mengatasi Kerontokan Pada Bunga Tanaman

Pada dasarnya, kerontokan pada bunga tanaman dapat dicegah dengan pemberian pupuk anorganik dan organik yang kaya akan unsur Nitrogen (N), unsure Magnesium (Mg), unsur Zn (Seng) yang juga baik untuk mencegah tanaman supaya tidak mengalami klorosis dan kerontokan pada bunganya, serta pupuk yang mengandung unsur Kalsium dan Kalium. Pupuk anorganik yang kaya akan unsur hara yang telah disebutkan tersebut ternyata bisa dicari dan dibeli di toko pupuk/obat pertanian.

Selain dari pada itu, penyiraman tanaman juga menjadi faktor penting untuk menjaga supaya tanaman tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), serta supaya pembentukan organ bunga menjadi lebih baik dan tentunya yang diharapkan bersama supaya organ bunga tidak mudah rontok.

Semoga informasi di atas berguna untuk anda, jangan lupa baca dan klik juga artikel berikut ini: Perawatan Akar, Tunas, Batang, Daun, Bunga dan Buah Pada Cabe.

Artikel Terpopuler

Penyebab dan Cara Mengatasi BUNGA RONTOK Pada Tanaman Dikotil
4/ 5
Oleh

Hallo Sobat Petani

Suka dengan Artikel di Atas? Silakan Berkomentar